Hai sahabat yang Luar Biasa,

Ngeblog memang sesuatu yang unik. Dimana seperti yang kita ketahui bahwa banyak orang bisa memiliki blog akan tetapi hanya sedikit orang yang mampu bertahan dengan blognya hingga sekarang.

Saya pribadi banyak sekali menemukan artikel blog yang menurut saya asik untuk dibaca, baik artikel tersebut mengenai personal maupun tentang how-to. Di sisi lain, tidak sedikit blog yang saya amati selalu berusaha mengambil keuntungan di depan daripada memberikan diawal. 🙂

Yang lebih parahnya adalah banyak yang memanfaatkan blog untuk sekedar promosi produk dan ditinggal diam. Dalam arti hanya melakukan promosi dan tidak memberikan solusi apapun.

Dalam artikel saya kali ini, ingin berbagi tentang “7 Alasan Umum Kenapa Banyak Blog Tidak Menghasilkan” yang dimana alasan-alasan ini adalah hasil survey saya kepada beberapa blogger, mahasiswa/i dan pebisnis yang memanfaatkan blog sebagai media promosi.

Tidak Ada Waktu

Alasan “tidak ada waktu” adalah alasan umum yang sering keluar dari seseorang ketika ditanya “kenapa ga ngeblog?”, “kenapa ga manfaatin blog?” dan sebagainya.

Faktanya setiap orang memiliki 22 jam sehari untuk beraktifitas sebelum beristirahat dan didalam 22 jam tersebut masih ada free time 1 jam saat siang hari yaitu makan siang dan free time 3 jam saat malam hari. Sedangkan untuk menulis artikel blog hanya dibutuhkan maximal 1 jam jika Anda pemula dan maximal beberapa menit jika sudah terbiasa. Apalagi sekarang didukung dengan fasilitas maupun aplikasi mobile pada blog tertentu yang dapat memudahkan seseorang untuk melakukan aktifitas blog dengan smartphone.

Percaya atau tidak, secara tidak sadar terkadang setiap orang memiliki waktu bebas lebih dari 4 jam yang sudah saya sebutkan tadi. Dimana jika Anda perhatikan, pada saat makan siang, tidak sedikit yang menyempatkan diri untuk memanjakan diri di mall bersama teman-teman ataupun self service (memanjakan diri sendiri) dengan duduk santai sambil minum kopi ataupun ke salon untuk relax.

Alasan “tidak ada waktu” juga merupakan alasan paling umum seseorang untuk tidak memulai suatu hal yang mungkin dapat merubah hidupnya. Jika Anda menjadikan ini sebuah alasan, maka bagaimana dengan salah satu sahabat saya yang sangat sibuk dengan bisnisnya?. Tentu Anda kenal dengan beliau adalah pak Jamil Azzaini dimana dengan kesibukannya, tetap bisa aktif menulis blog dengan goal yang berbeda-beda.

Well saya bisa katakan Indonesia merupakan negara terbesar yang menggunakan serta kepemilikian blog. Akan tetapi Indonesia juga negara terkecil yang aktif menggunakan blog dibandingkan negara kecil lainnya seperti Singapore, Malaysia dan Jepang. Kalau berdasarkan persentase pendaftaran blog, saya yakin grafik menunjukan Indonesia pengguna blog terbesar. Bagaimana dengan aktif user-nya? 🙂

Saya tidak bisa memberikan komentar jika Anda menggunakan blog hanya untuk menyalurkan hobby menulis. Karena itu hal yang berbeda.

Menyerah Terlalu Cepat

Alasan umum kedua ini adalah fakta yang sering terjadi dalam dunia blogging terutama dalam hal monetize blog.

Jika Anda memiliki waktu untuk surfing di Internet, coba Anda cari sebuah blog yang sukses memberikan penghasilan kepada pemilik blognya. Kemudian kebagian Archive blog tersebut dan lihat jangka waktu blog tersebut.

Mindset yang salah jika Anda berpikir dengan mulai ngeblog hari ini dan besok Anda akan menghasilkan hanya dengan menulis beberapa artikel saja. Maksud saya begini, Anda harus memiliki pemikiran bahwa blog adalah aset jangka panjang dalam hidup Anda dan blog bisa juga menjadi catatan sejarah perjalanan hidup Anda apapun itu.

Misalnya Anda mulai menulis blog hari ini juga setelah baca artikel ini dan misalnya Anda tulis seperti ini: “Akhirnya saya menulis blog setelah membaca artikel 7 Alasan Umum Kenapa Banyak Blog Tidak Menghasilkan melalui blog Andhika Wijaya Kurniawan… bla… bla… bla…” dan ketika Anda berhasil mencapai titik dimana blog Anda dapat menghasilkan sesuatu, Anda dapat melihat tahun pertama Anda memiliki blog yang sedang Anda tulis dan saya yakin Anda akan tersenyum sendiri.

Jadi alasan kedua ini adalah alasan umum yang sering dilakukan seseorang dalam dunia blogging. Ketika merasa tidak menghasilkan apapun, coba Anda renungkan 3 hal ini:

  • Sudah berapa lama Anda melakukan aktifitas blog?
  • Berapa frekuensi update blog atau seberapa sering Anda mengupdate blog?
  • Apa tujuan dan motivasi Anda pertama kali ingin memiliki dan menulis blog?

Sebagai informasi saja, minimal survive blog berdasarkan pengalaman saya adalah 1 tahun dengan syarat harus aktif menulis blog dan memberikan solusi kepada pembaca atau pun pengunjung blog.

Topik Yang Kurang Menarik

Ini adalah fakta dan menjadi alasan kenapa blog Anda tidak menghasilkan. Di Internet, tujuan seseorang melakukan surfing adalah bukan karena mereka ingin membeli suatu hal melainkan mereka mencari informasi dan juga sekedar relax dengan pikiran yang jenuh.

Saya pernah menemukan sebuah artikel yang sebenarnya menarik tetapi topiknya sedikit kurang nyambung dengan artikelnya. Tapi faktanya dalam dunia Internet, Search Engine merekam topik blog Anda, bukan artikel blog Anda dan kebanyakan orang pertama kali adalah membaca topik blog terlebih dahulu baru kemudian artikel blog. Termasuk Anda yang saat ini sedang baca artikel ini, tentunya pertama kali tertarik karena topik artikel yang saya buat bukan?. Begitu juga dengan pengunjung blog Anda.

Kurang Memiliki Kemampuan Menulis

Alasan umum keempat tentang kenapa blog tidak menghasilkan adalah banyak pemula yang tidak pede dengan tulisannya. Dalam dan melalui twitter, saya sering mengatakan kepada teman-teman twitter, “Your Blog Is What You Think and What You Share” yang artinya itu adalah hak Anda. Kritik dari pembaca adalah salah satu bentuk apresiasi yang harus Anda terima untuk memperbaiki artikel Anda.

Hal ini saya anggap wajar bagi pemula, sampai sekarang saya sendiri masih bingung untuk memulai tulisan pertama atau tulisan pembuka di blog yang baru. :p

Tapi jika Anda ingin menghasilkan sesuatu dalam dunia blogging, maka suka atau tidak Anda harus berani menulis sekalipun menurut Anda tulisan Anda biasa aja. Kenapa? Karena blogging adalah mengenai bentuk tulisan.

Melanggar Aturan Yang Ada

Fakta lain yang sering saya temukan dalam dunia blog adalah banyaknya orang yang terburu-terburu ingin menghasilkan sampai menggunakan berbagai cara untuk dapat menghasilkan sesuatu termasuk melanggar aturan dalam dunia blogging.

Mungkin fakta ini akan menjadi kontroversial, tetapi saya harus memberikan kenyataan yang terjadi.

Dalam dunia blogging, program Google Adsense adalah salah satu program yang paling banyak digunakan para blogger sebagai suntikan penghasilan blog yang mereka buat. Akan tetapi kebanyakan para pemain program Google Adsense melupakan hal terpenting yaitu program periklanan selalu memiliki peraturan yang berlaku dan peraturan tersebut bukan dijalankan oleh robot melainkan manusia yang kapan pun bisa melakukan suspend jika Anda melanggar aturan program periklanan dari mereka.

Saya pernah bertemu dengan salah satu pemain program Google Adsense yang menggunakan cara sedikit nakal dan tidak pernah kehabisan akal untuk membuat akun yang baru lagi. Perdebatan sehat saya dengan dia lumayan cukup panjang yang dimana pada akhirnya dia hanya mengatakan “yang penting dapur ngepul” dimana menurut saya adalah sebuah pembelaan saat seseorang sudah terdesak tanpa alasan lagi.

Ini bukan masalah “money” yang didapatkan melainkan tentang bagaimana cara Anda survive dengan blog Anda tanpa harus menggunakan cara yang sedikit nakal atau breaking the rules (melanggar aturan) yang pada akhirnya merugikan banyak orang dan tanpa Anda harus berulang-ulang melakukan pendaftaran lagi ke sebuah program periklanan karena Anda di suspend.

Sukses memang berawal dari kegagalan dan pantang menyerah, tapi kalau sering gagal karena suatu hal dan tidak belajar dari kegagalan tersebut melainkan diulang kembali, kapan sukses itu dapat tercapai?. Well, terkadang kita paham dengan sebuah kata-kata motivasi akan tetapi terkadang mindset kita berbeda dalam mengaplikasikan atau menjalankannya. 🙂

Bukan Untuk Diri Anda Sendiri!

Fakta dan kesalaham umum yang sering dilakukan dalam dunia blogging adalah banyak yang menulis untuk dirinya sendiri, bukan untuk orang lain. Maksudnya begini, ketika Anda membuat sebuah blog berarti Anda sudah siap mental kalau setiap artikel atau tulsan Anda akan dibaca oleh semua orang yang mengakses dunia Internet. Kembali lagi ke awal tadi bahwa setiap orang surfing ke Internet adalah untuk mencari informasi dan relax, bukan untuk membeli suatu hal.

Hal yang membuat sebuah blog tidak menghasilkan adalah apa yang ditulis oleh pemilik blog berdasarkan sudut pandangnya sendiri yang akhirnya belakangan ini banyak penulis blog yang dituntut karena artikel atau tulisannya sendiri.

Kedua, blog adalah tentang jurnalistik yang berarti Anda memiliki kebebasan menyampaikan pendapat melalui tulisan blog Anda akan tetapi masih ada peraturan jurnalistik yang tetap harus ditaatin. Contoh: Anda boleh menyampaikan pendapat akan tetapi tidak boleh sampai merusak nama baik seseorang.

Perhatikan blog yang memiliki traffic atau kunjungan yang tinggi, biasanya adalah blog yang tulisannya menarik. Kenapa bisa menarik?. Karena mereka menulis bukan berdasarkan sudut pandang diri sendiri melainkan menempatkan diri sebagai pembaca juga.

Ketika saya menulis setiap artikel blog, saya berusaha menempatkan diri saya di tiga posisi yaitu:

  • Sebagai pembaca yang sekali lewat.
  • Sebagai pembaca yang sangat awam.
  • Sebagai pembaca yang siap memberikan pendapat di kolom komentar.

Selain hal tersebut, saya juga menempatkan diri di tiga pemikiran dengan pertanyaan yaitu:

  • Apa manfaat artikel saya buat pembaca?.
  • Apa tujuan saya membuat artikel ini?.
  • Siapa target pembaca artikel saya ini?.

Organic Traffic mudah dicari dan didapatkan, tetapi Return Traffic adalah yang paling penting untuk sebuah konversi. Jadi kalau ingin blog Anda menghasilkan, posisikan diri Anda sebagai pembaca dalam menuliskan artikel blog. Suka atau tidak, Anda dihadapkan dengan mereka yang haus akan informasi dan keinginan untuk lepas dari kejenuhan aktifitas yang dimana siap memberikan pendapat kepada tulisan Anda atau cukup satu kali mengunjungi blog Anda dan melupakannya.

Saya tidak bisa memberikan komentar, jika tujuan blog Anda adalah untuk menyalurkan hobby menulis. Tapi saya yakin, seorang blogger yang dengan tujuan menyalurkan hobby menulis pun membutuhkan pengunjung setia blog mereka.

Kurang “Follow One Course Until Success” (FOCUS)

Ini adalah alasan dan fakta terakhir kenapa blog tidak menghasilkan yang sering dialami oleh setiap orang dalam dunia blogging termasuk saya sendiri. 😀

Saya pribadi memiliki 3 blog dengan tujuan yang berbeda. Dimana blog yang pertama adalah blog yang Anda baca sekarang ini, blog kedua adalah tentang sudut pandang saya dan Entrepreneurship juga motivasi, blog ketiga adalah tentang perjalanan saya yang dimana isinya lebih kebanyakan foto dan lebih personal.

Awalnya lebih parah lagi karena saya punya beberapa blog dengan menggunakan blogger.com atau blogspot.com, tapi akhirnya saya hapus satu per satu ketika saya mempertanyakan diri saya sendiri “Apa GOAL saya dalam dunia blogging?”.

FOKUS adalah hal yang membuat seseorang bisa sukses. Di Internet ada begitu banyak peluang akan tetapi hanya sedikit yang mampu menangkap peluang tersebut dan menjalankannya dari Nol hingga benar-benar menghasilkan secara stabil.

Apa hubungannya dengan dunia Blogging?.

Jika ingin menghasilkan sesuatu dari blog Anda, bisa tentang menghasilkan uang atau menghasilkan apapun sesuai dengan goal yang ditetapkan, maka fokus pada topik blog Anda (niche). Misalnya blog Anda membahas tentang gadget, maka fokus dengan artikel tentang gadget tanpa dicampuri hal-hal tentang film atau apapun yang diluar dari gadget. Atau jika blog Anda tentang Entrepreneur maka fokus pada artikel tentang Entrepreneurship dan bukan dicampur tentang olah raga.

Semoga artikel sederhana yang saya bagikan dapat memberikan manfaat untuk Anda yang mungkin saat ini sedang bingung atau mencari kesalahan kenapa blog Anda tidak menghasilkan.


Jangan lupa berikan Komentar terbaik Anda, karena nantinya akan menjadi Backlink buat BLOG Anda.


BTW! : Silahkan hubungi saya, jika Anda membutuhkan layanan Professional Consulting untuk Bisnis Anda atau “Powerful Branding Blog, Powerful Branding For Facebook Page, Advertising Services“, silahkan dapat langsung menghubungi saya melalui Contact Page, via Business Phone: 821-8344-9370, atau melalui email: Service@AndhikaWijayaKurniawan.com. Dan mari kita Diskusikan bersama untuk Keberhasilan Anda.[divider]

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/vRMeKC
X