Dalam VIP Training SEO Mastery tahun 2014, saya sudah mengantisipasi dan memberitahukan kepada murid-murid saya tentang perkembangan Search Engine Optimization di tahun 2015 yang akan berbeda dengan tahun 2014. Bukan hanya dari cara riset kata kunci dan sebagainya yang dilakukan seperti biasanya melainkan juga dari segi strategi SEO yang akan mengalami perubahan.

Semua cara SEO blackhat di tahun 2015 akan mulai susah dilakukan. Saya pribadi aliran SEO whitehat, yang berarti strategi & aktifitas SEO yang saya gunakan 100% tidak melanggar Terms and Condition dari Google, Bing dan Yahoo.

Di tahun 2015, ada 2 STOP yang harus dilakukan yaitu:

  1. STOP untuk berpikir cara cepat menaikan ranking (posisi) situs dalam search engine.
  2. STOP untuk berpikir bahwa blog masih tidak penting.

Kalau di tahun sebelumnya setiap perusahaan masih bisa sekedar membuat website company profile yang bersifat statis dan website toko online masih bisa sekedar membuat web yang digunakan sebagai katalog, maka di tahun 2015 sudah tidak bisa lagi.

Di tahun 2015 setiap web company profile harus memiliki blog yang aktif dan setiap web toko online juga harus dilengkapi blog yang aktif. Fungsinya untuk mengangkat awareness website dalam mesin pencari yang sehingga ketika calon konsumen mencoba mengetik kata kunci tertentu yang ingin dicari sesuai bidang usaha Anda, maka website Anda akan muncul juga.

Ada 3 hal penting dalam Search Engine Optimization di tahun 2015 yang harus diperhatikan.

Ciptakan Konten Berkualitas

Search engine seperti Google, Bing dan Yahoo dapat mendeteksi konten yang berkualitas dan konten yang tidak berkualitas. Kalau awareness website Anda ingin berhasil di tahun 2015, maka ciptakan konten yang berkualitas.

Konten yang tidak berkualitas adalah konten yang bukan hasil pemikiran sendiri atau konten yang menggunakan software spinning (software untuk text rewriting, menciptakan konten) dan konten hasil dari copy paste. Sedangkan yang dibutuhkan adalah konten yang berkualitas yang berarti konten berdasarkan pemikiran sendiri, konten yang bukan sekedar meletakkan sumber link dari konten website.

Integrasikan Dengan Google Plus

Google Plus adalah salah satu social media besutan Google, mesin pencari nomor satu dunia. Dengan mengintegrasikan website dengan Google Plus berarti mempermudah awareness website terhadap mesin pencari khususnya Google.

Dengan update status dan share link website, akan dengan mudah dan cepat menaikan awareness website.

Halaman Satu Itu Tidak PENTING!

Kalau Anda masih memiliki pemikiran bahwa optimasi mesin pencari (search engine optimization) adalah menjadi nomor satu di halaman Google, berarti di tahun 2015 Anda akan sangat sangat ketinggalan jauh.

Berada di halaman satu Google adalah BONUS, yang terpenting adalah apakah website kita berada di setiap halaman ketika konsumen memasukan kata kunci dalam pencarian?.

Berada di halaman satu Google adalah BONUS, yang terpenting adalah apakah website kita berada di semua search engine?. Minimal 3 search engine besar yaitu Google, Bing dan Yahoo.

Berada di halaman satu Google adalah BONUS, yang terpenting adalah apakah website kita mampu mengkonversi pengunjung menjadi pembeli?.

Percuma website Anda berada di halaman satu Google tetapi tidak mampu mengkonversi pengunjung menjadi pembeli. Kalau hanya sekedar menjadi halaman satu, tinggal manfaatin Google Adwords dan website akan langsung berada di atas karena Anda beriklan. Pertanyaan sederhananya adalah apakah dipastikan akan mengubah pengunjung menjadi pembeli?. 🙂

Berarti ubah mindset dari pentingnya SEO untuk halaman satu menjadi pentingnya SEO untuk penjualan.

Semoga artikel 3 hal penting dalam search engine optimization di tahun 2015 ini dapat mengubah cara optimasi Anda.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/R26kPl
X