Sepulang dari Jogja dan cek email, ternyata dalam satu hari ini saya mendapatkan kurang lebih 62 pesan yang masuk ke inbox email saya yang isinya tentang forward email serta pertanyaan “Apakah ini beneran?”.

Dari 30 pesan yang masuk ke inbox email saya, rata-rata menanyakan kebenaran akan pengiriman email yang mengatas-namakan TAM yang dikenal sebagai salah satu vendor dari Blackberry.

Di dalam email tersebut dituliskan seakan-akan Anda mendapatkan hadiah dari PT. Teletama Artha Mandiri (TAM) yang berdasarkan pesan, hadiah berupa mobil honda Jazz.

Kebanyakan orang-orang yang tertipu adalah karena mereka terhipnotis dengan hadiah yang diberikan, khususnya apabila berbentuk angka dengan total sekian puluh juta atau bahkan ratusan juta.

Sebelum Anda mulai mempercayai pesan atau isi email yang berupa hadiah atau apapun itu, pastikan Anda teliti dengan cara penulisan ataupun teliti kembali dengan menghubungi langsung pihak terkait (bukan pengirim email).

Gambar diatas adalah contoh salah satu email yang diterima oleh saya dari salah satu pengirim email yang mendapatkan email penipuan tersebut.

Perhatikan tata cara penulisannya. Apabila benar bahwa hal tersebut ditulis oleh pihak RIM atau TAM, maka tentunya penulisan akan formal. Sedangkan pada gambar, terdapat beberapa kode-kode yang diketik dengan blackberry langsung sehingga ada jenis tulisan yang tidak dapat dibaca atau font tidak tersedia, sehingga menjadi sebuah kode. Sisanya adalah yang saya berikan tanda kotak merah.

Jika benar, perusahaan PT. TAM yang mengirimkan email tersebut, biasanya mereka akan sertakan kop surat atau lampiran kembali dalam bentuk PDF atau pun Anda dihubungkan langsung tanpa syarat apapun untuk dapat langsung ke kantor terdekat mereka.

Jadi, saya menghimbau untuk para pembaca blog dan atau pengguna internet untuk dapat berhati-hati mengambil sebuah keputusan mempercayai sebuah isi email.

Jika Anda curiga dengan isi email yang Anda terima, cukup abaikan atau jika Anda penasaran dan terdapat pihak yang dikaitkan dalam sebuah email, Anda cukup print dan bawa ke pihak terkait tersebut untuk meminta kepastian.

Hal ini pun telah dibahas dalam forum resmi blackberry dan bisa Anda kunjungi langsung di

http://forumdukungan.blackberry.com/t5/Pojok-komunitas/DISKUSI-dan-PELAPORAN-WASPADAI-PENIPUAN-MENGATASNAMAKAN/td-p/118728

Semoga informasi tentang “Hati-hati Penipuan Menggunakan Nama TAM Dan RIM” dapat memperkecil kemungkinan terjadinya penipuan berkelanjutan.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/JJgqH4
X