Apakah diantara Anda yang membaca artikel ini, pernah mendapatkan pesan atau informasi yang disebarkan melalui broadcast message pada blackberry atau broadcast pada WhatApp dengan isi sebagai berikut,

Bagi yang tertipu belanja ONLINE cukup kirim kronologis dan No.Rekening Penipu ke email cybercrime@polri.go.id. Email resmi IT polda Bekerja sama dg system bank dan operator telekomunikasi. Cukup kalian yg uda kena tipu,kalian krim nomer rekening org yg uda kamu transfer ke email itu. Ntar atmnya yg jual online lngsung di blokir dan di tindakan lainnya sama pihak kepolisian. Bantu bc guys !!!

Sejak kemarin hingga sejak artikel ini saya tulis, saya masih mendapatkan informasi tersebut melalui broadcast message blackberry dan bahkan tidak sedikit teman-teman saya juga mengirimkan pesan tersebut secara personal kepada saya.

Melalui artikel ini, saya ingin menghimbau juga kepada Anda yang mendapatkan informasi tersebut untuk STOP melakukan broadcast lanjutan atau berantai karena pesan tersebut hingga sampai saat ini masih dalam kategori HOAX (tidak benar).

Ada dua kemungkinan simple yaitu:

  1. Kebobolan akan database SQL atau sering disebut SQL Injection (SQLi), yang memudahkan hacker untuk iseng membuat fake forwarder email.
  2. Keisengan seseorang dalam membuat pesan berantai dengan menggunakan alamat email palsu tersebut.

Setelah saya search kebenaran email tersebut, ternyata himbauan ini juga telah disampaikan oleh AKBP Audie Latuheru selaku Kasubdit Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, melalui media online Merdeka.com pada hari Jumat, 8 Februari 2013 – 15:10:28, “Saya tidak pernah mengeluarkan secara resmi layanan seperti itu”.

Saya pribadi telah mencoba sendiri dengan mengirimkan email ke CyberCrime@polri.go.id yang ternyata hasilnya menyatakan bahwa “Delivery Failed” atau email tersebut tidak terdaftar/tidak ada. Semoga gagalnya pengiriman karena telah disadari dan ditanggapi dengan cepat oleh pihak PolRI sehingga mereka menghapus fake email tersebut.

Tips dan saran dari saya adalah jika Anda merasa telah tertipu saat transaksi secara Online maksimal 1×24 jam, Anda dapat langsung datang ke kantor PolRI terdekat dengan membawa semua barang bukti untuk pelaporan dan penindakan lanjut. Dan apabila Anda merasa dipersulit saat pelaporan kejadian, Anda bisa langsung melaporkan melalui email info@reskrimsus.org.

Semoga artikel tentang “Hati-hati Terhadap Modus Peniruan Email Kepolisian” ini dapat bermanfaat bagi Anda.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/RwIOG8
X