Pergerakan pertumbuhan Internet Marketing di Indonesia menurun DRASTIS, apakah ini petanda bahwa Internet Marketing di Indonesia akan hilang atau tidak akan berkembang?.

Beberapa bulan belakangan ini, saya full mengadakan riset dan mengamati pergerakan pertumbuhan Internet Marketing di Indonesia. Hasil yang saya dapatkan cukup lumayan membuat saya sedikit kaget, yaitu pergerakannya sangat lamban dibandingkan tahun 2008 – 2010.

Saat itu, hanya ada satu pertanyaan dalam pemikiran saya yaitu “Kenapa?”. Dan akhirnya saya menemukan jawabannya.

Beberapa teman saya meninggalkan aktifitas sebagai Internet Marketer karena tidak bisa menghasilkan lagi. Menurut saya, bukan tidak bisa menghasilkan melainkan tidak mampu menciptakan suatu kreatifitas dan tidak memiliki sebuah produk jual.

Well, saya tidak mengatakan di Internet tidak bisa menghasilkan duit tanpa memiliki produk, bisa! Dengan menjadi seorang Affiliate. Akan tetapi, tidak bisa menghasilkan dengan cepat dengan tempo waktu 1-2 hari menghasilkan.

Penyebab lainnya adalah kebanyakan orang penasaran dengan cara menghasilkan duit di internet, tetapi ingin menghasilkan cepat dalam waktu 1 – 2 hari. Dan ketika gagal, merasa sia-sia yang akhirnya meninggalkan kegiatan di Internet.

Sedangkan pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia menurut VIVAnews hingga saat ini mencapai kenaikan 1400%.

Jumlah Pengguna Internet Terus Meningkat

Secara total, jumlah pengguna layanan Internet di wilayah Asia mencapai 825,094 juta pengguna atau sekitar 41,95 persen dari total pengguna internet di seluruh dunia yang mencapai 1.966 juta pengguna.

Dari total pengguna di wilayah Asia, China membukukan pengguna internet terbesar yakni 420 juta pengguna. Hingga pertengahan tahun lalu, Jepang menempati urutan kedua dengan 99,14 juta pengguna. India memiliki 81 juta pengguna internet, sedangkan Korea punya 39,44 juta pengguna.

Indonesia yang memiliki sekitar 242 juta penduduk menempati urutan kelima terbesar di seluruh Asia, dengan pengguna internet sekitar 30 juta orang. Negara lain seperti Filipina, Malaysia dan Taiwan masing masing memiliki sekitar 29,70 juta, 16,90 juta dan 16,13 juta pengguna internet.

Bila melihat dari sisi pertumbuhan, Indonesia juga masuk dalam kategori lima terbesar dengan membukukan pertumbuhan sekitar 1.400 persen dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Source: VIVAnews – Internet, Pendongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Sebelum terjun dalam dunia Internet Marketing, ada baiknya membuat pondasi awal yang kuat dengan pemahaman yang pasti tentang Internet Marketing.

Faktanya, Internet Marketing akan tetap hidup dan tidak akan pernah menurun kalau memiliki produk jual/jasa yang bisa dipasarkan dan memiliki Market yang membutuhkan.

Remember, Internet Marketing is Marketing, your job only Marketing the product/services. Not Selling!.  (Ingat, Internet Marketing adalah Marketing, yang berarti pekerjaan Anda hanya memasarkan sebuah produk/jasa. Bukan jualan!)

Anda harus berpikir bagaimana menarik perhatian pengunjung untuk dapat melihat produk/jasa yang ditawarkan. Untuk permasalahan pengunjung beli atau tidak, tergantung kepada strategi konten.

Ini sudut pandang dan analisa saya mengenai Internet Marketing di Indonesia, Anda ingin terima atau tidak itu hak Anda, tetapi inilah kenyataan yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/XNNOZ3
X