Kata “Bisnis Online” atau menjalankan bisnis secara online, sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum khususnya di Indonesia.

Bahkan banyak perusahaan mulai melirik dan mencari-cari konsultan bisnis online dan konsultan digital marketing dengan tujuan untuk mengarahkan bisnis yang dijalankan dari sistem offline menjadi sistem online dan juga untuk memasarkan produk mereka dengan memanfaatkan media internet.

Keterbatasan pengetahuan tentang bisnis online dan online marketing, terkadang menjadi salah pengertian yang justru membuat seakan-akan online marketing sama seperti bisnis online. Di sisi lain, banyak juga yang memiliki pola pikir salah dalam menjalankan bisnis online yang seakan-akan sangat mudah dijalankan.

Bisnis online tidak berbeda dengan bisnis offline. Jika di bisnis offline ada investor, maka di bisnis online juga ada investor. Kalau di offline ada strategi-strategi dalam memasarkan produk/jasa, maka di bisnis online juga ada strategi-strateginya juga.

Perbedaan menjalankan bisnis secara online dengan bisnis secara offline hanya terletak pada medianya saja. Dalam bisnis online, media yang digunakan adalah dengan memanfaatkan internet. Dan bukan berarti dengan menggunakan internet, pembeli/konsumen akan datang sendiri tanpa melakukan promosi.

Mengembangkan bisnis yang dijalankan secara offline menjadi bisnis yang dijalankan secara online, bukan berarti meninggalkan aktifitas yang umumnya dilakukan secara offline.

Saran saya, pahami terlebih dahulu tentang Bisnis Online sebelum mulai menjalankan atau mengembangkan bisnis dari offline menjadi online agar tidak salah konsep.

Aset penting dalam menjalankan bisnis secara online adalah situs atau website. Bagi Anda yang berjualan, maka toko online Anda adalah aset terpenting Anda. Karena itu, jika Anda belum memiliki situs atau toko online untuk bisnis Anda, maka Anda belum benar-benar terjun dalam bisnis online dan belum memiliki aset dalam dunia online.

Semoga artikel saya tentang “Konsep Bisnis Online Yang Benar” dapat memberikan manfaat untuk Anda dan membantu Anda untuk dapat benar-benar terjun dalam menjalankan bisnis secara online.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/CmVTpx
X