Hai sahabat yang Luar Biasa,

Percayakah kalau saya mengatakan hingga saat ini blog masih menjadi hal yang sangat fenomenal dalam dunia Internet?. Ya! Dimana biasanya blog digunakan hanya untuk berbagi apa yang saya dan Anda pikirkan, tapi saat blog menjadi sebuah alternatif untuk menghasilkan penghasilan di Internet.

Saya percaya bahwa saat ini hampir setengah masyarakat di Indonesia sering mengunjungi sebuah atau lebih dari satu blog hanya sekedar membaca ataupun mencari referensi. Bahkan tidak sedikit juga yang mulai membuat sebuah blog dengan berbagai tujuan seperti ingin curhat (baca: berbagi), ingin mencari peluang, dan sebagainya.

Permasalahan dan yang menjadi banyak pertanyaan orang-orang (baca: masyarakat) ketika saya mengadakan workshop tentang blog sehat (Healthy Blog) atau pun ketika saya ngetweet melalui twitter saya @AndhikaWijaya, adalah “bagaimana cara membuat passion ngeblog itu tetap ada dan bagaimana cara membuat blog bertahan dalam dunia Internet dalam arti menghasilkan?”.

Hal tersebut juga saya alami ketika pertama kali (tahun 2004) ingin mulai membuat blog (baca: ngeblog). Dimana saya bingung menentukan arah blog saya, apa yang ingin saya bagikan, dan sebagainya hingga akhirnya saya membuat blog gado-gado (baca: campur aduk) yang dimana membahas tentang apa yang saya pikirkan dan apa yang ingin saya bagikan.

Dari pengalaman tersebut dan dari riset saya dari para pemula yang baru mulai ngeblog atau membuat blog, yang menyebabkan sebuah blog menjadi pasif adalah tidak ada tujuan yang jelas untuk memulai membuat blog. Dalam arti, tujuan tersebut harus benar-benar tujuan yang bukan hanya sebatas “Saya mau ngeblog untuk menghasilkan uang” tanpa kelanjutan pemikiran apapun dan tanpa perencanaan apapun. Kecuali Anda membuat blog memang hanya untuk berbagi apa yang Anda pikirkan dan apa yang ingin Anda bagikan kepada banyak orang (baca: personal blog).

Jadi, jika saat ini Anda masih mencari-cari tujuan membuat blog dan masih mencari-cari cara menghasilkan uang dengan blog, berdasarkan pengalaman dan hasil riset saya juga dengan memperhatikan kesalahan-kesalahan banyak pemula dalam memulai blog, berikut kunci dan cara membuat blog Anda bertahan dalam dunia Internet.


(Image source: Google.com)

Pilih Topik Pasti (Niche) Blog Anda

Sebelum mulai membuat blog, tanyakan pada diri sendiri dengan 3 pertanyaan umum sebagai berikut:

  • Blog yang ingin Anda buat tentang apa?.
  • Blog yang akan Anda buat kelebihannya dimana?.
  • Blog yang telah Anda buat apakah memiliki kompetitor? (khusus monetize).

Jika blog yang Anda buat sekedar mengikuti blog-blog yang sudah ada atau tanpa mengikuti passion orang lain, bukan passion Anda maka saya menjamin blog yang Anda buat tidak akan bertahan lama. Dalam arti, akan kembali menjadi blog yang pasif. Mulai bangun blog Anda dengan konsisten Anda dan cukup pikirkan bagaimana memberikan hal (artikel) yang terbaik bagi pengujung ataupun pembaca blog Anda.

Konsisten Dengan Kualitas Postingan Anda

Well, tidak dipungkiri jika Anda searching di Google tentang hal tertentu seperti “cara membuat postingan berkualitas” maka Anda akan mendapatkan berbagai artikel blog yang sama dimana berasal dari satu sumber.

Faktanya, walaupun tidak semua tapi saat ini banyak blogger yang berusaha mencari artikel-artikel melalui search engine yang dimana “menurut” mereka artikel tersebut menarik, maka di copy paste kedalam blog mereka. Hal ini juga yang membuat Google mengeluarkan Panda dan Pinguin yang sebenarnya tujuannya adalah mengedukasi bahkan mengarahkan para blogger ataupun penulis artikel untuk tetap menjaga kualitas tulisan.

Nah setelah masalah konsisten kualitas tulisan, saya yakin muncul pertanyaan berikutnya tentang “bagaimana cara posting yang benar pada blog untuk mendapatkan postingan berkualitas?”. Untuk mendapatkan kualitas postingan pada search engine Google, jika Anda sibuk lakukan posting baru minimal seminggu sekali dan maximal 2 hari sekali. Jika Anda rajin dan tidak begitu sibuk Anda dapat melakukan postingan artikel terbaru setiap hari atau 2 hari sekali.

Yang harus di ingat adalah Anda membuat blog atau melakukan aktifitas blogging untuk menghasilkan konten (baca: isi blog/situs) yang baik dan bukan hanya untuk membangun arsip di search engine melainkan memberikan sebuah alasan “kenapa pengunjung atau visitor Anda harus bertahan di blog Anda?”. Jawabannya balik lagi, karena konten Anda adalah artikel yang bukan copy paste melainkan artikel yang menarik dari diri Anda sendiri.

Desain Blog Anda

Walaupun sebagian orang beranggapan artikel lebih penting daripada tampilan blog ataupun sering banyak orang beranggapan “Don’t judge blog by it design” tapi tetap saja tidak dapat dipungkiri bahwa desain sebuah blog menjadi hal yang terpenting.

Saya pernah mengunjungi sebuah blog yang dimana artikelnya sangat menarik akan tetapi desainnya sangat berantakan dengan iklan dimana-mana yang membuat sorry to say, mata saya sakit dan akhirnya saya malas untuk baca ke artikel selanjutnya.

Percaya atau tidak, kalau Anda sering mendengar “penampilan adalah hal pertama yang dilihat setiap orang”, itu adalah benar dan berlaku dalam dunia Internet khususnya dunia blogging.

Desain blog Anda merupakan bagian terpenting yang tidak boleh diremehkan. Dengan desain blog, Anda dapat menyampaikan “ini lho blog saya”, “ini adalah blog gue” atau menyampaikan tentang Brand Anda secara khusus dimana berbeda dengan orang lain. Karena itu, banyak blogger pemula yang menggunakan hosting sendiri (self host – wordpress) maupun menggunakan blogspot.com ngantri untuk meminta saya membuatkan Personal Branding Blog ataupun Personal Branding Theme untuk blogspot.com. Ini serius :p

Faktanya dan Anda boleh riset sendiri, jika desain blog Anda biasa aja atau terlihat cenderung tidak pas dengan jenis konten didalamnya, tidak peduli seberapa bagus konten Anda untuk dibaca, pengunjung akan males untuk kembali lagi. Kecuali Anda artis atau penulis terkenal yang dimana semua orang mencari-cari cerita/artikel yang Anda tulis.

Saya ingin mengajak Anda untuk membayangkan seperti ini: kualitas konten blog Anda bagus dan dengan new visitor yang terus berdatangan. Tapi, hanya karena desain blog Anda biasa aja maka Anda kehilangan return visitor yang sebenarnya kedepannya bisa di konversi menjadi pembaca ataupun pelanggan setia Anda. Bagaimana nantinya mau di monetize?. Coba Anda renungkan kembali. 🙂

Saran saya untuk masalah desain blog adalah pilihlah theme yang sesuai dengan topik pasti (niche) dan konten yang akan Anda buat ataupun kerjakan.

Promosi Dengan Baik Dan Bukan Melakukan Spam!

Jaman sekarang, banyak blogger berlomba-lomba menjadi Top 10 Google dengan melakukan berbagai cara untuk memenangkan kontes ataupun lomba yang diadakan oleh sebuah perusahaan, termasuk melakukan SPAM!.

Kalau Anda bertanya, “emang ada blogger yang melakukan spam pada email atau social media?” maka saya akan jawab, ada banyak! Dan dengan berbagai cara seperti dari segi social media dengan facebook, banyak yang melakukan posting pada wall orang lain ataupun posting link pada kolom komentar orang lain dengan harapan akan ada pengunjung dan visitor bertambah. Sedangkan dengan social media twitter, banyak yang mention hanya berharap yang dimention melakukan retweet ataupun minimal dibaca oleh target yang di mention dan masih banyak lagi cara-cara yang menurut saya itu adalah spam! bukan strategi.

Walaupun search engine adalah salah satu cara untuk mendapatkan pengunjung yang berkualitas, tapi percayalah Anda tidak dapat bergantung hanya kepada search engine. Kenapa?, banyak blog ataupun situs yang hancur ketika Google melakukan penyusunan ulang ranking Top 10 Google hanya karena mereka mengandalkan search engine tanpa memperdulikan masalah optimasi bagian dalam blog atau sering disebut optimasi On Page pada search engine. Dengan kata lain, hanya melakukan posting artikel, kemudian menunggu pengunjung datang.

Anda harus berpikir bagaimana cara menarik perhatian orang lain untuk dapat membaca dan juga untuk dapat mengunjungi blog Anda selain dengan menggunakan search engine. Dalam arti lain, Anda harus mempunya rencana lain untuk melakukan promosi blog Anda. Misalnya dengan menaruh link blog pada bagian website di facebook dan melakukan integrasi blog dengan facebook atau Anda juga bisa memanfaatkan teman-teman (followers) di twitter dengan cara menuliskan “Baru saja membuat posting baru di blog: [link postingan]” dan berbagai cara lainnya untuk dapat mempromosikan blog Anda bukan hanya dengan satu arah melainkan dengan tiga hingga lima arah yang dimana memungkinkan blog Anda dikunjungi. Asalkan bukan dengan membeli link, bukan dengan melakukan spam pada social media, dan bukan dengan melakukan spam pada email.

Mengenai masalah promosi ini, ada banyak cara yang bisa digunakan selain dengan melakukan spam. Contoh lainnya selain yang saya sebutkan sebelumnya yang dengan facebook dan twitter adalah dengan rajin melakukan blogwalking ke blog orang lain dan yang pasti dengan etika blogwalking!.

Tetap Berhubungan Dengan Visitor Blog Anda

Setelah sebelumnya Anda sudah mengetahui arah blog, konten Anda dan promosi yang tepat, maka selanjutnya adalah Anda perlu berpikir dan menemukan cara untuk tetap berhubungan dengan pengunjung blog Anda (baca: visitor blog) dan membuat mereka datang kembali, minimal ingat blog Anda.

Tanpa menjalin hubungan dengan visitor blog, sama saja seperti Anda menulis artikel untuk diri Anda sendiri kemudian promosi dan pengujung datang, setelah itu tidak pernah kembali lagi bahkan lupa alamat blog Anda.

Bagaimana caranya?. Ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk membuat Anda tetap menjalin hubungan yang baik dengan pengunjung blog Anda, yaitu:

  • Dengan menggunakan RSS atau Really Simple Syndication yang fungsinya dimana pengunjung Anda bisa berlangganan artikel blog Anda dan mendapatkan artikel baru yang otomatis masuk ke email mereka saat Anda melakukan posting terbaru.
  • Dengan menggunakan Autoresponder yang fungsinya dimana Anda dapat mengirimkan email ke semua visitor yang bergabung kedalam newsletter yang sudah Anda buat dengan Autoresponder dan tetap menjalin hubungan dengan mereka.
  • Dengan mengintegrasikan blog Anda ke akun Social Media milik Anda yang dimana ketika Anda update blog, maka secara otomatis artikel terbaru akan terposting juga di Social Media milik Anda. Dengan begitu, teman-teman Anda bisa membaca postingan terbaru blog Anda.

Untuk RSS, Anda bisa menggunakan Feed Burner dari Google, untuk mengintegrasikan blog Anda ke akun Social Media bisa menggunkan Twitter Feed dan sedangkan untuk Autoresponder, saya sarankan menggunakan Autoresponder Vio Sender yang dimana saat ini merupakan Autoresponder terbaik di Indonesia.

Dengan begitu Anda secara otomatis dan perlahan, Anda akan mendapatkan pengujung tetap yang akan menjadi Sahabat Blog Anda.

Bisnis Model Atau Tujuan Lain

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, yang menjadi fenomena blog hingga saat ini adalah blog dapat memberikan penghasilan kepada Anda. Banyak orang bertanya kepada saya, “bagaimana cara memulai Bisnis di Internet?” maka saya tidak pernah bosan untuk menjawab, mulai dengan membangun blog.

Apakah tujuan Anda membangun blog untuk menghasilkan uang?. Jika ya, maka Anda membutuhkan sebuah model bisnis dalam blog Anda.

Apa saja bisnis model dalam blog yang bisa Anda terapkan atau jalankan?. Tunggu dan akan saya bahas dalam artikel saya selanjutnya. 😀

Yang terpenting adalah Anda memiliki sebuah tujuan dalam membangun blog, sehingga blog Anda tidak sia-sia atau menjadi pasif blog.

Ok, sampai disini dulu artikel saya tentang “Kunci dan Cara Membuat Blog Bertahan Dalam Dunia Internet” dan nantikan artikel saya berikutnya tentang “Bisnis Model Dalam Blog” yang dapat Anda terapkan pada blog Anda.


Jangan lupa berikan Komentar terbaik Anda, karena nantinya akan menjadi Backlink buat BLOG Anda.



BTW! : Silahkan hubungi saya, jika Anda membutuhkan layanan Professional Consulting untuk Bisnis Anda atau “Powerful Branding Blog, Powerful Branding For Facebook Page, Advertising Services“, silahkan dapat langsung menghubungi saya melalui Contact Page, via Business Phone: 821-8344-9370, atau melalui email: Service@AndhikaWijayaKurniawan.com. Dan mari kita Diskusikan bersama untuk Keberhasilan Anda.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/ASFlsi
X