Seperti yang pernah saya katakan dalam twitter dan juga dibeberapa training adalah bahwa tahun 2012 akan semakin banyak startups, online shop dan bahkan semakin banyak juga UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang akan mulai melirik internet sebagai media promosi usaha.

Berbicara tentang dunia internet tidak akan ada habisnya. Kenapa?. Selalu saja ada yang baru dan memang saya akui, jika tidak mengikuti perkembangannya maka sangat disayangkan akan ketinggalan informasinya.

Menghasilkan di dunia online tentunya bukan hal yang tabu lagi. Banyak orang yang mencari caranya untuk bisa menghasilkan di dunia onlinel dengan mengikuti beberapa program yang ditawarkan dan menggiurkan beserta iming-iming akan menghasilkan ratusan juta rupiah dalam waktu yang singkat dan hanya “duduk diam”. 🙂

Saya ingin mengucapkan “selamat” untuk Anda yang paham arti dari bisnis di internet dan sudah menghasilkan. Tapi yang menjadi pertanyaan saya adalah “Apakah Bisnis Anda di Internet sudah legal atau belum?”. 🙂

YA!. Banyak orang yang menjalankan bisnis mereka di internet dan menghasilkan, tetapi ketika saya bertanya “Apakah usaha yang Anda jalankan di internet ini memiliki legalitas usaha?” dan hampir kebanyakan mereka menjawab, “Lho bisnis di internet butuh legalitas usaha juga?”.

Well, hal ini membuktikan bahwa masih banyak masyarakat umum khususnya di Indonesia yang belum menyadari peran penting legalitas usaha ketika mereka menjalankan bisnis di internet.

Dalam bisnis apapun tentunya tidak lepas dari hukum dan keuangan. Begitu juga dengan bisnis di internet yang dimana Anda membutuhkan yang namanya legalitas usaha.

Jika Anda menjalankan bisnis di internet dengan market orang luar (luar negeri), tentunya Anda akan melihat bahwa mereka memiliki legalitas usaha dan kebanyakan dalam bentuk Ltd (Limited) yang dimana dalam Indonesia disebut PT.

legalitas

Pelaku bisnis internet di Indonesia juga tidak sedikit yang sudah memiliki legalitas usaha seperti UD atau CV. Ketika mereka kejenjang usaha lebih tinggi atau ingin mengembangkan lagi, maka mereka membentuk legalitas usaha berupa PT.

Nah buat pemula dalam bisnis di internet dan yang sudah berjalan lebih dari 1 tahun serta memiliki penghasilan yang stabil dalam arti menghasilkan setiap bulannya atau yang dapat dihitung per tahunan, Anda sudah bisa melakukan legalitas bisnis Anda di internet minimal dengan UD (Usaha Dagang).

Ada banyak keuntungan jika Anda memiliki legalitas dalam menjalankan bisnis Anda di internet yang dimana salah satunya adalah ketika bisnis yang Anda jalankan di internet mulai menurun atau ingin Anda kembangkan lebih lagi, dengan legalitas yang Anda miliki maka Anda dapat menggandeng investor ataupun bekerjasama dengan pihak bank untuk masalah pendanaan bisnis yang Anda jalankan di internet.

Jadi melakukan legalitas usaha atau tidak, semua itu adalah pilihan. Tetapi dalam usaha apapun sebuah legalitas itu penting.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/0QfYGk
X