Sebelum saya berlanjut ke topik, banyak sekali yang masih belum dapat membedakan antara Internet Marketing dengan Bisnis Online.

Percayalah di luar sana masih banyak yang mengatakan bahwa Internet Marketing sama seperti Bisnis Internet. Bahkan tidak sedikit yang mengabaikan kedua hal dengan alasan “Yang penting menghasilkan duit”.

Marketing dan Bisnis memang berkaitan dan saling ketergantungan tapi di sisi lain Marketing tidak bisa menjadi Bisnis dan Bisnis tidak bisa menjadi Marketing.

Karena itu di dunia ini ada 2 pelajaran yaitu Marketing dan Bisnis (termasuk di universitas).

Pertanyaan saya adalah kalau Marketing dan Bisnis adalah sama, kenapa masih ada kuliah Bisnis dan kuliah Marketing?. Pertanyaan yang simple, tapi membutuhkan waktu untuk menjawabnya bahkan mencari-cari jawaban di Google 🙂

Jaman era globalisasi yang penuh dengan teknologi yang dimana salah satunya yang saat ini berperan penting adalah Internet. Ya! Internet sudah menjadi bagian dari kehidupan setiap orang bahkan sudah termasuk dari kebutuhan sekunder menjadi kebutuhan primer yang dimana setiap orang tidak bisa lagi lepas dari Internet untuk segala hal kegiatan.

Dengan kemajuan teknologi sekarang, maka tidak sedikit orang maupun perusahaan yang memanfaatkan Internet sebagai media komunikasi, bisnis dan marketing.

Awalnya Internet digunakan oleh sebagian orang hanya untuk sekedar browsing di google mencari sebuah informasi, chatting dengan orang lain (sosial) dan cek email. Tapi perkembangan jaman merubah aktifitas tersebut menjadi 3 hal yang sudah saya sebutkan yaitu: Komunikasi, Bisnis dan Marketing.

Tidak sedikit juga perusahaan yang menggunakan Internet sebagai aktifitas Bisnis mereka. Seperti menggantikan mesin Fax dengan menggunakan email, memanfaatkan Internet sebagai media Marketing Produk, bahkan memanfaatkan Internet sebagai pelancar Bisnis.

Di sisi lain, tidak sedikit juga mulai bermunculan perorangan yang memanfaatkan Internet sebagai media Bisnis dan Marketing, karena itu banyak bermunculan Online Shop (Toko Online), Jasa Pemasaran Online, Jasa pembuatan Website dan sebagainya yang dimana untuk membantu orang-orang yang membutuhkan Internet untuk menghasilkan duit.

Lalu timbul lagi pertanyaan baru, “Seberapa efektifkah Pemasaran Produk di Internet?”.

Kalau ditanya tentang efektifkah Pemasaran Produk di Internet, maka saya akan menjawab sangat efektif. Kenapa?. Dengan teknologi sekarang ditambah dengan dukungan dari gadget yang ada, Internet sudah menjadi bagian dari hidup setiap orang yang dimana setiap detiknya Internet selalu diakses untuk mencari sebuah informasi ataupun sebuah produk tertentu.

Selain itu tersedianya layanan pendukung iklan untuk Pemasaran suatu Produk di Internet membuat banyak perusahaan bahkan perorangan melirik dunia Internet bukan lagi sebagai pemberi informasi melainkan sebagai peluang untuk menghasilkan duit.

Terutama dengan kehadiaran jejaring social seperti Facebook dan Twitter, aktifitas Internet Marketing bukan lagi hal yang sulit melainkan menjadi suatu hal yang mudah. Seperti facebook menyediakan Facebook Page yang dapat dibuat untuk branding suatu produk atau perorangan. Di sisi lain ada Twitter yang sangat powerful sebagai 15 minutes Words Of Mouth yang mampu memberikan Traffic luar biasa.

Jadi buat Anda yang bingung bagaimana meningkatkan PROFIT dalam Bisnis, manfaatkan Internet sebagai Media Pemasaran Produk Anda. Jika tidak tahu caranya, Anda bisa mencari seorang Konsultan Internet Marketing ataupun Konsultan Bisnis Internet untuk membantu memberikan solusi untuk Anda.

Jangan lupa berikan komentar terbaik Anda yang akan mampu memberikan backlink ke blog Anda.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/XLl4e7
X