Tentu sudah tidak asing dengan yang namanya Google bukan?. Situs search engine terbesar ini selalu Anda dan saya akses setiap saat baik melalui komputer/laptop bahkan melalui mobile yang dimana digunakan untuk mencari sebuah informasi ataupun hal lainnya sesuai kebutuhan.

Dalam twitter maupun dalam seminar/training, saya sering mengatakan, “dalam dunia Bisnis Online dan melakukan kegiatan Internet Marketing, hal yang terpenting adalah harus berteman dengan Google”. Dan kebanyakan bertanya, “Bagaimana cara berteman dengan Google?”.

Beberapa hari yang lalu, saya baru menemukan beberapa fasilitas Google yang baru dalam bentuk beta dan beberapa lagi yang memang jarang diketahui oleh banyak orang karena memang tidak begitu bermanfaat bagi umum, akan tetapi sangat bermanfaat bagi developer/programmer dan konsultan bisnis.

Dalam artikel kali ini, saya ingin berbagi mengenai “Melakukan Riset Market Dengan 3 Fasilitas Google” yang dapat dilakukan secara umum dalam menganalisa target market untuk bisnis yang dijalankan melalui internet maupun untuk kegiatan internet marketing.

Pencarian Kata Kunci

Percayalah bahwa 100% yang datang ke Google harus mengetikan kata kunci terlebih dahulu dan pelanggan Anda datang berdasarkan sebuah kata kunci yang mereka tulisan.

Pelanggan Anda melakukan pencarian yang berhubungan dengan bisnis Anda setiap hari dan dengan cara seperti itulah mereka akan menemukan Anda dan situs/blog Anda.

Pertanyaan saya adalah apakah Anda melakukan pencarian kata kunci juga untuk mengenal, mengamati atau mencari informasi kompetitor Anda?.

Jika Anda belum bahkan tidak melakukannya, maka mulai sekarang Anda harus melakukannya!.

Caranya?. Anda cukup melakukan pencarian kata kunci secara real time yang berkaitan dengan brand Anda, usaha Anda atau kegiatan Anda untuk membantu Anda menemukan hal baru untuk menjadi target Anda dan untuk menambah wawasan tentang bagaimana cara pelanggan Anda ingin berinteraksi dengan Anda.

Untuk mendapatkan informasi pencarian kata kunci, Anda dapat menggunakan fasilitas dari Google yaitu Google Keyword Research Tool yang dimana dapat menampilkan kata kunci yang lebih kompetitif dan cara ini dapat membantu Anda menemukan peluang iklan baru atau menghasilkan ide-ide baru untuk kemajuan bisnis Anda.

Lakukan Survei Secara Online

Salah satu cara yang paling tepat untuk mengetahui market adalah dengan mengumpulkan informasi dari pelanggan yang datang. Caranya adalah dengan membuat survei secara online.

Bagi UMKM, ini dapat dimanfaatkan untuk memperbarui informasi demografis, mengumpulkan pendapat tentang produk baru Anda atau yang sudah ada, mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertayaan pelanggan dan bisa juga untuk menyelidiki kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Bagi perusahaan besar ataupun UMKM yang sudah sering melakukan survei secara offline melalui telepon, fax atau surat, sudah saatnya Anda memanfaatkan Internet untuk melakukan survei usaha atau produk Anda.

Untuk membuat survei secara online, Anda dapat memanfaatkan fasilitas Google Documents yang dimana nantinya Anda dapat memilih opsi untuk survei.

Dengan Google Documents, Anda bisa membuat sebuah polling secara kecil-kecilan untuk mengetahui keinginan konsumen Anda atau apapun yang berhubungan dengan bisnis Anda. Cara mengetahui hasilnya?.

Google Documents akan mencatat semua jawaban yang ditulis dan dipilih oleh konsumen Anda secara real time.

Manfaatkan Google Consumer Surveys

Nah ini adalah fitur yang jarang di ketahui oleh orang secara umum. Kenapa?. Karena Google Consumer Surveys adalah penawaran yang relatif baru dari Google.

Fasilitas dari Google ini dapat mengambil survei Anda secara online satu langkah lebih jauh dengan memberikan Anda akses untuk tidak hanya konsumen Anda, tetapi juga seluruh pengakses Google.

Dengan memanfaatkan Google Consumer Surveys Anda dapat melakukan survei secara online lebih jauh lagi seperti mengidentifikasi minat dalam bidang layanan, pertanyaan tentang desain logo atau brand Anda, pertanyaan tentang situs/blog Anda dan lainnya dimana Anda dapat menentukan target market, kelompok usia tertentu, target konsumen dan lainnya. Fasilitas yang diberikan oleh Google Consumer Surveys ini tidak gratis, Anda akan dikenakan $0.10 per orang yang mengisi survei Anda atau yang merespon.

Dengan memanfaatkan 3 fasilitas atau fitur dari Google, Anda akan dengan mudah melakukan riset market untuk usaha Anda yang akan dijalankan dengan media internet atau riset market untuk kegiatan internet marketing Anda.

Semoga artikel tentang “Melakukan Riset Market Dengan 3 Fasilitas Google” ini dapat bermanfaat bagi Anda.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/oI5Lov
X