Kata Blog adalah singkatan dari weblog. Yang berart sebuah jurnal online di mana setiap orang atau pebisnis/perusahaan dapat berbagi informasi atau pendapat tentang topik apa pun pada biaya yang lebih rendah atau tidak mengeluarkan biaya sama sekali (Gratis).

Belakangan ini, blog sangat digunakan untuk Komunikasi secara online dengan tujuan atau kebutuhan yang berbeda-berbeda.

Berdasarkan tujuan dan jenis blog beserta kontennya, dapat diklasifikasikan ke dalam jenis yang berbeda banyak.

Menurut Technorati, dunia statistik 2008, 79% dari jumlah blogger, mereka untuk blog pribadi, 12% untuk blog corporate/perusahaan dan 46% pergi untuk profesional blog.

Walaupun ada ratusan jenis blog yang online, pada umumnya dapat diklasifikasikan atau dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis blog.

Blog Pribadi adalah sebuah blog umum dan banyak blogger yang datang dari kategori atau jenis ini. Di dalam Blog Pribadi, blogger menulis tentang: kehidupan pribadinya, emosi, pengalaman, review yang terlepas dari topik monoton. Biasanya sebuah blog pribadi adalah blogger sentris.

Blog Perusahaan adalah blog yang diterbitkan oleh sebuah organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Blog ini memfasilitasi organisasi dengan aliran komunikasi yang baik dan tentang budaya organisasi. Blog Corporate/Perusahaan bisa juga menjadi blog pribadi. Blog Perusahaan dapat dipertahankan untuk tujuan eksternal dan internal organisasi. Blog eksternal untuk mengkomunikasikan Informasi dengan publik untuk pemasaran dan branding produk atau jasa mereka. Blog internal Perusahaan diciptakan untuk berbagi informasi dan pandangan dalam organisasi.

Blog Profesional adalah dibuat untuk berbagi keahlian pada industri tertentu atau sesuai Niche. Blog Profesional kebanyakan memiliki pembaca sentris. Blog ini berbeda dengan Blog Pribadi. Meskipun ada beberapa blog yang menarik dan profesional dengan tujuan untuk promosi atau untuk menghasilkan uang, akan tetapi banyak layanan penyedia blog tidak mengizinkan untuk melakukan kegiatan promosi selain menawarkan jasa atau produk sendiri.

Dan yang ke empat adalah Micro Blog. Konsep micro blogging telah berkembang dari ide untuk mengatasi gaya hidup terbaru dari masyarakat. Blog ini biasanya berbentuk posting teks singkat atau media seperti foto, klip audio, dan lainnya. Salah satu jenis Micro Blog yang dikenal adalah Twitter.com.

Dengan adanya banyak jenis blog, tentunya untuk membantu menyelesaikan tujuan yang berbeda-beda dari setiap individu. Apakah digunakan untuk Blog Pribadi, Blog Perusahaan, Blog Professional ataupun Blog Micro.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/wnAT1v
X