Social Media memang mampu membawa setiap individu yang bergabung kedalamnya menjadi sebuah zona nyaman yang dimana mampu curhat dengan leluasa tanpa harus bertatapan langsung, mendapatkan informasi lebih cepat tanpa harus membuka media televisi terlebih dahulu bahkan mampu memberikan penghasilan yang menggiurkan, jika teroptimasi dengan baik.

Jangan heran jika saya mengatakan “mampu memberikan penghasilan yang menggiurkan”, karena pada kenyataannya emang benar adanya.

Salah satu klien saya adalah seorang ibu rumah tangga yang mampu meraup income Rp. 20.000.000,-/hari (dua puluh juta per hari) hanya memanfaatkan social media facebook. Kendala pertama kali beliau datang kepada saya adalah bingung karena income awal hanya berputar-putar dan beliau datang untuk konsultasi serta meminta bantuan saya untuk melakukan optimasi pada facebook.

Seperti yang sering saya katakan dalam twitter, bahwa jika ingin berjualan di facebook, jangan menggunakan facebook profile atau buat akun baru untuk profile jualan. Tapi manfaatkan facebook page untuk berjualan.

Yang menjadi pertanyaan saya adalah apakah cukup hanya dengan menggunakan facebook?. Jika di facebook mampu memberikan penghasilan, katakan saja Rp. 500.000,-/hari (lima ratus ribu per hari) maka pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana jika diluar dari facebook?. Berapa income yang mampu Anda dapatkan dalam per hari?

Facebook adalah salah satu social media yang dimana untuk masuk kedalam jaringan facebook, harus memiliki akun terlebih dahulu. Bagaimana jika ada orang yang tidak memiliki akun facebook?. Apakah harus membuat terlebih dahulu dan baru memesan produk?. Jika pemikiran Anda seperti itu, maka telah kehilangan ratusan juta calon konsumen yang haus akan informasi.

Yang ingin saya katakan dalam artikel ini adalah bahwa facebook dapat Anda gunakan sebagai media perantara yang dimana Anda tetap harus memiliki “pusat” yang tidak tergantung oleh facebook yang dimana semua orang dapat mengakses “pusat” ini. Kata “pusat” yang dimaksud adalah situs atau toko online yang siap bekerjasama 24 jam 7 hari dengan search engine (Google/Bing/Yahoo).

Dalam menjalankan bisnis di internet dan melakukan kegiatan internet marketing, Anda tidak dapat meningkatkan PROFIT jika hanya menggunakan satu arah jalan, sedangkan diluar masih banyak jalan lain yang dapat mendongkrak income/penghasilan Anda. Jadi, Integrasikan semuanya untuk meningkatkan penghasilan Anda.

Dalam seminar saya tentang Internet Marketing For Online Shop, saya pernah bilang ke salah satu peserta yang bertanya tentang cara memasarkan produknya. Kemudian saya tanyakan kembali cara apa saja yang sudah digunakan, kemudian peserta tersebut menjawab kalau dia hanya menggunakan facebook. Jawaban saya pada saat itu adalah “Keluar dari facebook dan bangun web toko online sendiri”. Alasannya adalah orang mencari informasi di search engine, bukan di facebook. Kalau di facebook, orang mencari teman atau mencari partner serta bersosialisasi. It’s Social Media.

Karena faktanya, dunia internet itu adalah dunia yang sangat luas. Jadi, sebagai pelaku bisnis internet, Anda harus memiliki pandangan yang luas dan strategy yang luas juga.

Semoga artikel saya tentang “Meningkatkan Profit?, Jangan Hanya Di Facebook!” yang dimana request dari salah satu followers twitter saya, dapat memberikan manfaat dan memberikan sedikit pandangan lain dalam menjalankan bisnis di internet.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/JLC4kG
X