Hai Sahabat yang Luar Biasa,


Jika sampai saat ini Anda masih belum bisa membedakan antara Internet Marketing dan Bisnis Internet, saran saya belajar dan cari tahu lebih lagi perbedaan tentang kedua hal ini.

Apa tujuan Anda mulai mengambil sebuah keputusan untuk membuka Bisnis di Internet?. Apakah karena peluangnya masih luas? atau karena tergiur dengan Metode Cara Cepat Kaya?.

Saya pernah chatting dengan salah seorang Client yang Konsultasi kepada saya, dia bertanya “Mas Andhika, saya sudah beberapa kali gagal membangun Bisnis saya di Internet, apakah ada solusinya?”. Saya tanya kembali, “Bisnis apa yang Anda bangun di Internet? Berapa lama Anda jalankan?”. Dia menjawab, “Bisnis Internet Marketing dan baru mau masuk 5 bulan”.

Dan apakah Anda tahu jawaban apa yang saya berikan kepada si Client ini?. Saya jawab, “Bukannya sudah ketemu permasalahannya?. Perbedaan Bisnis dan Marketing saja Anda tidak tahu. Ditambah 5 bulan Anda ingin menghasilkan di Internet?. Pakar Internet Marketing saja butuh bertahun-tahun belajar untuk bisa menghasilkan di Internet”.

Sahabat, Bisnis di Internet itu tidak semudah yang seperti Anda bayangkan. Cukup punya Website dan Duit langsung datang dalam hitungan beberapa bulan. Atau cukup duduk diam sambil klak klik di Internet dan langsung menghasilkan Duit.

Well, ini kesekian kalinya saya menuliskan tentang Bisnis di Internet adalah Bisnis dan Internet Marketing adalah Marketing, selanjutnya Anda bisa cari dan baca di SiteMap.

Ingat! Tidak ada yang namanya “Bisnis Internet Marketing”. Bagaimana cara mendefinisikan antara Bisnis dan Marketing?. Karena keduanya adalah hal yang berbeda.

Jika ada seorang pemula atau mentor yang mengatakan “Internet Marketing = Bisnis” atau “Bisnis Internet Marketing”, Anda perlu sadari satu hal, kalau orang itu tidak mengerti sama sekali tentang Bisnis dan Marketing. Kalau dia mengerti tentang perbedaan Bisnis dan Marketing, tentunya tidak akan mengatakan kalau Internet Marketing = Bisnis.

Dalam artikel ini saya tidak akan menjelaskan perbedaan antara Bisnis dan Marketing, karena sudah pernah saya bahas perbedaannya dan Anda bisa cari di SiteMap Blog ini. Tetapi artikel kali ini akan membahas tentang “Pentingnya Business Plan Dalam Bisnis Di Internet”.

Dalam membangun sebuah Bisnis, tentunya Anda harus memiliki sebuah Business Plan atau Perencanaan Bisnis yang sudah Anda tulis atau yang sudah ada di pikiran atau bayangan Anda, baik itu Bisnis kecil maupun Bisnis besar.

Sama halnya dalam membangun Bisnis di Internet. Apa tujuan Anda membangun sebuah Bisnis di Internet juga harus jelas. Buat perencanaan Bisnis Anda di Internet.

Misalnya Anda ingin membangun sebuah Toko Online. Buatlah perencanaan Toko Online tersebut yang dimana dalam perencaan tersebut juga mengandung unsur S.W.O.T (Strengths, Weakness, Opportunity, Threats).

Strengths, membahas tentang apa saja kekuatan yang dimiliki oleh Bisnis yang akan Anda bangun di Internet atau kelebihannya apa saja, dibandingkan dengan kompetitor Anda.

Weakness, membahas tentang apa saja kelemahan dari Bisnis yang akan Anda bangun di Internet.

Opportunity, membahas tentang peluang atau kesempatan apa yang Anda miliki dari membangun Bisnis Anda di Internet.

Threats, membahas tentang Ancaman atau perkiraan Kegagalan apa yang akan terjadi jika pada saat membangun Bisnis Anda di Internet.

Selain itu, Anda juga harus membuat Mapping Business Plan yaitu menggambarkan kemana tujuan Bisnis yang akan Anda bangun di Internet dalam jangka 2 – 5 tahun kedepan.

Jadi membangun sebuah Bisnis di Internet bukanlah hal yang mudah. Bukan tinggal membuat Website dan kemudian jalankan.

Berlaku juga bagi Anda yang memiliki rencana menerbitkan dan publikasi eBook. Anda tidak bisa sembarangan menerbitkan eBook!. Harus ada tata cara penulisan eBook, Design Cover dan sebagainya. Bedakan eBook dengan Report!.

Dan berlaku juga bagi Anda yang ingin membuat Blog di Internet. Perjelas dulu tujuan Anda blogging dan baru buat Blog.

Jika tujuan Bisnis Anda di Internet sudah jelas, selanjutnya tinggal jalankan dan saya jamin Bisnis Anda akan berjalan dengan lancar selama Anda paham rumus di Internet yaitu T + C = M (Traffic + Conversion = Money).


Jangan lupa berikan Komentar terbaik Anda, karena nantinya akan menjadi Backlink buat BLOG Anda.

BTW! : Let’s me know kalau Anda membutuhkan sebuah “Personal Branding WeBLOG, Powerful Business WeBLOG, Powerful Online Shop atau Powerful Facebook Page“, silahkan dapat langsung menghubungi saya melalui Contact Page, via Business Phone: 821-8344-9370, atau melalui email: Contact@AndhikaWijayaKurniawan.com. Dan mari kita Diskusikan bersama untuk Keberhasilan Anda.

All The Best, Success in Life, Success in Everything you do and God Bless You.


Your Successfull Partner,

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/aEPkAr
X