Masih sangat jarang sekali perorangan dan perusahaan yang memiliki pemikiran bahwa melakukan Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari adalah sebuah investasi.

Kebanyakan berpikir bahwa Search Engine Optimization itu hanya membuang-buang budget (baca: dana/anggaran) bulanan atau bahkan tahunan.

Search Engine Optimization (SEO) bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder dalam dunia online, melainkan telah menjadi kebutuhan primer dan ini selalu saya ingatkan kepada teman-teman yang ikut VIP Training SEO Mastery.

Ketika Anda masuk dalam dunia online, mau tidak mau Anda harus terjun dalam dunia optimasi mesin pencari (baca: search engine optimization) dan akan ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan saat akan melakukan optimasi website pada search engine.

Karena itu, banyak yang memilih untuk menggunakan jasa layanan SEO daripada mengerjakannya sendiri. Bukan karena buang budget, melainkan justru untuk meningkatkan income (baca: pendapatan/penghasilan).

Search Engine Optimization adalah investasi untuk jangka panjang, dan Anda juga salah kalau berpikir bahwa Search Engine Optimization (SEO) sekedar “Set It and Forget It” (baca: mengatur dan lupakan). Kondisi global selalu berubah dengan begitu kompetitor juga selalu berubah. Ada yang sudah dan terus melakukan optimasi website, tapi ada juga yang baru akan mulai melakukan optimasi website.

SEO Selalu Berubah Dan Semakin Kompleks

Salah satu fakta yang tidak bisa Anda dan saya hindari dari sifat search engine adalah algoritma search engine selalu berubah dalam setahun, atau per enam bulan atau setiap bulan. Karena itu kalau Anda sudah melakukan optimasi website untuk search engine, Anda harus sesering mungkin update atau riset atau hal yang ini yang sering disebut SEO Maintenance bagi layanan jasa SEO.

Kesalahan besar kalau Anda berpikir bahwa kondisi search engine akan tetap sama tanpa perubahan.

Hal termudah sebagai pembuktian bahwa search engine selalu berubah adalah Anda bisa cek kondisi ranking website Anda di search engine yang setiap hari akan berubah.

SEO Lebih Penting Daripada Pay Per Click

Sering sekali saya temukan bahwa perorangan/perusahaan menganggap bahwa optimasi website pada search engine tidak begitu penting. Mereka lebih memilih untuk menggunakan pay per click (PPC) atau Search Engine Marketing (SEM) dengan alasan lebih cepat mendapatkan konsumen baru.

Semoga pertanyaan saya dapat membuka paradigma yang salah, yaitu sampai kapan Anda akan membakar budget dengan menggunakan pay per click?. Dan apakah dengan Anda mendapatkan konsumen baru setiap hari akan membuat income Anda meningkatkan tanpa ada repeat order dari konsumen lama?.

Terjadi sales (baca: penjualan) belum tentu akan terjadi repeat order dari konsumen lama. Mana yang Anda pilih? Konsumen baru setiap hari atau repeat order setiap hari?. 🙂

Kalau Anda ingin terjadi repeat order, maka search engine optimization adalah jawabannya. Kenapa?. Ketika Anda menggunakan pay per clikc, konsumen hanya akan ingat produk Anda dan ketika mereka ingin memesan ulang, mereka akan lupa dan beralih ke kompetitor Anda. Berbeda kalau Anda telah melakukan optimisi website untuk search engine, maka website Anda akan dikenali oleh konsumen baru dan lama Anda dengan kata kunci yang sudah di riset dan dipasang kedalam website Anda.

Dari hal tersebut maka kesimpulannya adalah bahwa Search Engine Optimization (SEO) lebih penting daripada Pay Per Click (PPC). Untuk melihat perbandingan Search Engine Optimization dengan Search Engine Marketing, Anda bisa lihat postingan saya tentang SEO VS SEM.

Anda mungkin bisa mendapatkan banyak calon konsumen dengan menggunakan pay per click, tapi setelah Anda berhenti menggunakan pay per click, maka Anda akan sangat susah mendapatkan calon konsumen. Berbeda dengan pada saat Anda melakukan optimasi website terlebih dahulu baru menggunakan pay per click. Ketika Anda berhenti menggunakan pay per click, maka website Anda masih bisa ditemukan oleh banyak orang dengan kata kunci tertentu.

SEO Adalah Untuk Jangka Panjang

Saya sering mendapatkan pertanyaan dari klien tentang optimasi website pada search engine, yaitu “kalau situs saya sudah di SEO’kan, apakah saya akan bisa langsung dapat konsumen?. Apakah situs saya bisa berada di TOP #1 Google?”.

Setelah saya jelaskan kepada mereka tentang SEO yang BENAR, mereka baru memahami bahwa SEO bukan untuk menjadi TOP Rank #1 Google. Melainkan berbicara tentang visibilitas website dan konversi.

Kalau website Anda ingin menjadi TOP Rank #1 di Google, Anda bisa menggunakan Search Engine Marketing dengan settingan biaya pay per click diatas standar yang disarankan, saya jamin situs Anda akan langsung berada di TOP Rank #1 Google tapi dengan status iklan berbayar hanya di Google.

Kalau saya akan lebih memilih berada di semua search engine dan dengan topik-topik artikel saya yang menyebar dengan berbagai kebutuhan keyword (baca: kata kunci) dan kalau saya butuh sesuatu yang cepat, baru saya menggunakan Search Engine Marketing. Tapi paling tidak, ketika saya tidak menggunakan Search Engine Marketing, kondisi website saya tidak terjadi penurunan karena Search Engine Optimization.

Semoga artikel saya tentang Search Engine Optimization Adalah Investasi Jangka Panjang dapat menambah wawasan Anda tentang SEO.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/sT9Mzc
X