Dalam sebuah seminar tentang bisnis online, saya pernah bertanya kepada peserta seperti ini, “Mana yang lebih cepat membantu kita untuk meningkatkan profit bisnis di Internet, menggunakan Search Engine Optimization atau menggunakan Search Engine Marketing?”.

Dan salah satu peserta malah bertanya, “Perbedaannya apa ya pak Andhika?”. Kemudian saya menjelaskan kedua perbedaan tersebut secara cepat.

Buat Anda yang juga belum tahu, pada artikel kali ini saya ingin membagikan perbedaan antara Search Engine Optimization dengan Search Engine Marketing.

Search Engine Optimization VS Search Engine Marketing

Search Engine Optimization (SEO) sebenarnya adalah bagian dari Search Engine Marketing (SEM), yang berarti Search Engine Optimization adalah tindakan atau cara mengoptimalkan sebuah website secara alami untuk mendapatkan atau memunculkan website pada search engine.

Search Engine Optimization ini bisa dibilang cara yang paling hemat biaya untuk beriklan di search engine secara natural dan perlahan atau untuk jangka panjang, tapi ini baru satu elemen.

Search Engine Marketing (SEM) adalah proses pemasaran sebuah website melalui search engine dan biasanya berbayar. Kebanyakan yang menggunakan Search Engine Marketing adalah mereka yang ingin mendapatkan organic traffic dengan cepat atau hanya sekedar menaikan ranking website.

Perhatikan perbedaannya:
Search Engine Optimization = mengoptimalkan sebuah website dan Search Engine Marketing = memasarkan sebuah website.

Yang berarti kedua hal tersebut sangat berbeda dan jangan disamakan!. Karena itu kalau Anda bingung, ada baiknya jangan menghandle sendiri tetapi cari agency yang mampu menghandle keduanya.

Sekarang saya akan tunjukan perbedaan Search Engine Optimization dengan Search Engine Marketing pada Search Engine Google, perhatikan gambar dibawah.

Biasanya orang-orang yang menggunakan Search Engine Marketing adalah mereka yang menggunakan Google Adwords untuk beriklan di search engine Google atau dengan kata lain, mereka yang menggunakan fasilitas iklan berbayar dari perusahaan search engine.

Sedangkan orang-orang yang mengoptimalkan website atau Search Engine Optimization adalah mereka yang memaksimalkan kerja website agar mampu bersaing dengan kompetitor lain secara natural atau tanpa beriklan.

Dari penjelasan perbedaan antara Search Engine Optimization dengan Search Engine Marketing, tentunya akan muncul pertanyaan, “Manakah yang lebih baik digunakan dalam mempromosikan bisnis?. Khususnya pemula”.

Kalau itu yang menjadi pertanyaan Anda, maka saya menjawab dan menyarankan menggunakan keduanya. Apalagi pemula yang kebanyakan ingin cepat menghasilkan income di internet bahkan profit bisnis.

Kenapa keduanya?.

Pertama, jika menggunakan Search Engine Marketing, sudah pasti berbicara budget promosi atau budget iklan yang harus disiapkan setiap bulannya untuk membayar iklan yang ditampilkan.

Kedua, jika budget iklan atau budget promosi sudah tidak sesuai, maka Search Engine Optimization dapat dijadikan alternatif jangka panjang.

Saran saya, untuk pemula adalah ada baiknya mengoptimalkan website terlebih dahulu dan kemudian menggunakan Search Engine Marketing untuk mendapatkan organic traffic atau minimal membuat orang tahu tentang website Anda. Setelah itu, menurut perhitungan Anda bahwa traffic sudah cukup, maka selanjutnya hanya handalkan Search Engine Optimization.

Semoga artikel tentang “Search Engine Optimization VS Search Engine Marketing” ini dapat bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa memberikan komentar terbaik Anda, agar mendapatkan backlink untuk blog/website Anda.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/2BUiKt
X