Perkembangan teknologi membawa banyak manfaat bagi kehidupan manusia, tapi juga bisa mendatangkan bahaya. Tim Cook, CEO Apple, mengajak para generasi muda agar lebih bijaksana memaknai era teknologi yang serba canggih.

Ia menyampaikan pidatonya di depan para mahasiswa kelas 2017 di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Menurut Tim Cook, hanya tiga hal yang harus diperhatikan setiap kali ingin berbuat sesuatu yang besar.

Masing-masing adalah pikiran, kerja keras, dan hati yang jernih. Jika semuanya seimbang, dia percaya perkembangan teknologi di tangan generasi muda akan lebih banyak mendatangkan manfaat.

Ukur dampak yang kalian buat untuk kemanusiaan, bukan dari banyaknya likes (di media sosial) tapi kehidupan yang Anda sentuh,” kata Tim Cook, Selasa (4/7/2017) dari Inc.

Jangan ukur dari popularitas, tapi orang banyak yang Anda layani,” Tim Cook menambahkan.

Tim Cook menyadari bahwa perkembangan media sosial sebagai dampak era teknologi mulai mendatangkan hal-hal negatif.

Masyarakat modern berlomba-lomba memamerkan kehidupan kesehariannya untuk mendapat popularitas dan pengakuan. Karena itu era sekarang, pendapat orang lain melalui komentar dan likes menjadi sangat berarti.

Saya merasa hidup saya lebih besar ketika berhenti peduli atas apa yang orang lain pikirkan tentang saya,” kata Tim Cook.

Tim Cook bercerita bahwa di masa mudanya pun ia sangat labil dan sulit mencari tujuan hidup. Dia mencari tujuan hidupnya melalui Duke University, pendalaman ilmu meditasi, agama, hingga tulisan para filsuf.

Akhirnya ia menemui jati dirinya sekitar 20 tahun lalu ketika bertemu dengan pendiri Apple, Steve Jobs. Menurut Tim Cook, dia dan Steve Jobs memiliki keinginan yang sama untuk melayani orang-orang melalui pengembangan teknologi.

Berhubungan dengan itu, Tim Cook pun melontarkan guyonan ke anak-anak MIT.

Selama ini, MIT dikenal kerap menciptakan strategi peretasan alias hack. Menurut Cook hal itu cerdas, namun sebaiknya lebih memikirkan dampak untuk orang banyak.

Jika Anda ingin menciptakan dan melakukan yang terbaik untuk semua orang, mulai hari ini kemanusiaan punya harapan,” Tim Cook memungkasi.

X