Mendekati akhir tahun 2020, aplikasi WhatsApp dilaporkan akan mengakhiri dukungan pada beberapa handphone (HP) Android dan iPhone dengan sistem operasi lawas.

Pengguna yang masih menggunakan perangkat tersebut diminta untuk melakukan upgrade atau ganti perangkat baru.Aplikasi perpesanan milik Facebook itu akan berhenti berfungsi pada HP yang tidak berjalan pada setidaknya sistem operasi iOS 9 atau Android 4.0.3.

Berdasarkan informasi dari situs resmi WhatsApp, merekomendasikan pengguna untuk menggunakan versi terbaru dari sistem operasi Android dan iOS untuk menikmati semua fitur dengan pengalaman terbaik.

Dibutuhkan iPhone dengan iOS 9 atau lebih baru dan HP Android yang berjalan pada sistem Android 4.0.3 atau lebih baru untuk menjalankan semua fitur di WhatsApp.

Meskipun saat ini kemungkinan besar tidak banyak ponsel cerdas yang masih menjalankan sistem operasi kuno yang tak direkomendasikan WhatsApp, tapi penting untuk mengetahui tipe perangkatnya apa saja.

Untuk iPhone, mulai iPhone 4 dan varian di atasnya akan kehilangan dukungan WhatsApp.

Artinya, mereka yang menggunakan iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6S harus memperbarui sistem operasinya ke iOS 9 atau lebih baru agar dapat terus menggunakan WhatsApp.

Sementara Android, WhatsApp akan berhenti berfungsi pada HP yang menjalankan versi Android lebih lama dari 4.0.3. Tidak banyak perangkat yang berjalan pada versi Android lawas.

Namun, beberapa HP Android yang masih memakai OS versi tersebut adalah HTC Desire, LG Optimus Black, Motorola Droid Razr, dan Samsung Galaxy S2.

Tahun lalu, WhatsApp mengakhiri dukungan untuk ponsel cerdas yang menjalankan iOS 8 atau lebih lama, dan ponsel Android yang menjalankan versi 2.3.7 atau lebih lama.


-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/rnlu2w
X