Saya bingung, tapi juga bersyukur karena belakangan ini mendapatkan banyak sekali email yang berasal dari para UKM (Usaha Kecil Menengah). Terima kasih sudah mempercayakan saya untuk dapat memberikan Solusi terbaik untuk Anda.

Saat ini dimata negara lain, Indonesia adalah negara yang kaya akan seni budaya terutama bidang kerajinan, antara lain:

  • Batik.
  • Funiture Kayu.
  • Aksesoris berbahan bambu.
  • dan sebagainya.

Dan selain itu Indonesia juga kaya akan sumber daya alamnya.

Usaha kerajinan di Indonesia, bisa dikatakan kompetisi dalam usaha atau bisnis ini cukup ketat. Karena itu, sekarang banyak UKM (Usaha Kecil Menengah) yang memilih alternatif Online sebagai media Marketing, baik menggunakan Facebook sebagai media promosi dan twitter sebagai media One Time Offer Service.

Bagi UKM (Usaha Kecil Menengah) yang mengerti sistem Internet Marketing mungkin akan sangat mudah untuk menjalankannya, lalu bagaimana jika Anda pemilik UKM (Usaha Kecil Menengah) yang mungkin tidak paham atau masih mencari-cari cara bagaimana meraih Profit lebih melalui media Internet.

Dalam artikel ini, saya akan membahas tentang “5 Strategi Internet Marketing Untuk Produk Kerajinan” yang secara khusus untuk Anda pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam bidang kerajinan.

Dalam usaha atau bisnis kerajinan, selain kreatifitas tentunya Anda juga harus menjaga kualitas.

Jika kualitas sudah terjaga, kuantitas sudah pasti dan kreatifitas tidak diragukan, kenapa penjualan masih sepi atau tidak mencapai target?. Jawabannya ada 2 yaitu Branding dan Marketing.

Solusinya adalah coba pertanyakan apakah Branding perusahaan Anda sudah ada atau belum?.

Jika belum, mulailah membentuk Branding terlebih dahulu dengan cara memperkenalkan Usaha atau Bisnis Anda melalui media atau iklan. Usahakan sorot atau tekankan di nama usaha Anda.

Yang kedua adalah Marketing. Apakah strategi Marketing Anda sudah benar?. Jika sudah, berapa banyak penjualan dalam 1 tahun?. Apakah sudah mencapai target dalam 1 tahun?. Jika belum, solusi terakhir adalah memasarkan produk Anda secara Online. Dengan alasan, di Internet produk Anda akan dilihat oleh seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia dan sudah pasti kemungkinan besar profit akan bertambah hingga 10x lipat jika dijalankan dengan benar.

Untuk mengubah Usaha atau Bisnis Konvensional menjadi Online, tentunya tidak semudah yang banyak orang bicarakan diluar. Maksud saya adalah banyak orang yang mengatakan, “Tinggal upload gambar, terus promosi. Setelah itu nunggu pembeli datang, pesan dan bayar”.

Berikut adalah beberapa saran dari saya untuk Anda pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) khususnya dalam bidang Kerajinan yang ingin memanfaatkan Internet sebagai media Pemasaran, adalah:

  • Miliki Produk yang Unik. Di Internet, ini adalah keharusan. Karena faktanya people go to the Internet untuk mencari Solusi, bukan belanja. Jadi kalau produk Anda unik, sudah pasti mereka akan tanya dan membeli.
  • Riset dan pastikan Target Market. Di Internet, ini adalah bagian yang terpenting. Anda tidak mungkin menjual kerajinan bangku kayu ke people yang berumur 14 tahun bukan?. Jadi lakukan Riset tentang berapa banyak yang mencari atau membutuhkan produk Anda.
  • Gunakan sistem Affiliate atau Reseller. Kesalahan banyak orang dalam Bisnis di Internet adalah tidak menggunakan sistem ini. Amazon.com menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia karena memiliki sistem Affiliate. Beberapa perusahaan di Indonesia yang berkembang adalah perusahaan yang menggunakan sistem ini.
  • Gunakan sistem Reward. Sistem ini bisa Anda gunakan atau tidak gunakan, tetapi akan lebih baik jika Anda menggunakan untuk menarik perhatian calon pembeli Anda. Misalnya Anda menjual produk bangku dari kayu jati, berikan bonus misalnya vas dari kayu kepada calon pembeli Anda, jika pembelian diatas harga yang sudah ditentukan oleh Anda.
  • Iklan atau Promosi. Apapun bisnis atau usaha Anda, tanpa promosi Anda tidak akan mendapatkan penjualan. Dan ini merupakan salah satu kesalahan fatal yang dilakukan banyak perusahaan yang menggunakan Internet sebagai media pemasaran. Di Internet, Anda bisa gunakan Google Adwords, SITTI.co.id, Kliksaya.com atau media Iklan lainnya.

Dan 5 Strategi Internet Marketing diatas juga bisa digunakan untuk produk lainnya seperti Makanan dan juga Pakaian.

Satu hal lagi yang harus Anda perhatikan selain 5 Strategi Internet Marketing diatas adalah Service Excellent (Pelayanan yang baik). Apakah cukup?. Jawaban saya, “TIDAK”. Masih ada lagi hal lain yang sering dilupakan oleh banyak perusahaan yaitu S.O.P.S (Standard Operation Procedure Service), dimana perusahaan menjamin Customers atau calon Customers benar-benar merasa puas akan layanan Anda.

Di Internet, Word Of Mouth (WOM) berlaku. Jika pelayanan Anda berkesan, maka akan mendorong orang lain untuk membeli lagi dan menceritakan tentang kualitas perusahaan Anda kepada orang lain. Testimonial atau Feedback pelanggan itu penting!.

 

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/8rGygJ
X