Sebelum saya membagikan strategi jualan di tahun 2021, awal Tahun 2020 adalah tahun dimana hampir rata-rata Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan perusahaan mengalami penurunan penjualan, bahkan termasuk yang freelancer pun tidak sedikit mengalami penurunan pemesanan karena efek dari pendami Covid-19 yang sedang terjadi.

Hampir semua sektor bisnis atau berbagai industri mengalami penurunan penjualan, dan tidak sedikit perusahaan mengalami pailit serta bangkrut.

Strategi Jualan Di Tahun 2021 - Andhika Wijaya Kurniawan

Tetapi mulai terlihat titik cerah pada pertengahan tahun 2020 yang dimana digital menjadi solusi bagi para pemilik bisnis untuk mulai meningkatkan penjualan dengan menggunakan internet sebagai media penjualan dan pemasaran.

Lalu, bagaimana dengan aktifitas bisnis dan penjualan di tahun 2021?.

Menjelang akhir bulan Desember 2020, saya akan segera keluarkan artikel tentang Trend Bisnis Di Tahun 2021 yang akan booming. Saat ini fokus dan perhatian saya adalah membantu meningkatkan penjualan Anda di tahun 2021.

Ada beberapa strategi jualan di tahun 2021 yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda, dan sebagai catatan kecil saya, semua strategi yang saya bagikan dalam artikel ini, bisa digunakan disemua sektor industri atau perdagangan.

#1 Berhenti Andalkan Marketplace!

Sebagai pembuka, saya sengaja ingin membuat Anda kaget dengan strategi jualan di tahun 2021 bagian pertama.

Tunggu, saya tidak katakan kalau Anda harus berhenti jualan di marketplace, tetapi yang ingin saya katakan adalah berhenti andalkan marketplace.

Kalau Anda ingin meningkatkan penjualan, maka berhenti untuk berada di Red Ocean yang terus menerus Anda harus menghadapi persaingan harga, dan mulai dengan Blue Ocean yang tidak banyak orang berani lakukan.

Saat ini, semua orang masuk kedalam marketplace karena pola pikir pendek hanya tahu kalau marketplace adalah tempat dimana penjual dan pembeli bertemu secara instant. Tetapi kalau Anda memiliki pola pikir yang panjang, maka Anda tidak akan hanya berada di marketplace bahkan Anda akan menarik pengunjung dari marketplace ke website toko online Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan pelanggan tetap dan database konsumen.

Kalau Anda hanya mengandalkan marketplace, maka yang terjadi adalah:

  • Penjualan Anda hanya akan begitu-begitu saja. Kecuali Anda merasa cukup dengan hasil yang didapat.
  • Butuh beberapa akun untuk bisa mendapatkan kenaikan penjualan. Kecuali Anda tidak capek kelola beberapa akun jualan di marketplace.
  • Tidak mendapatkan database konsumen. Kecuali Anda memang fokusnya cuma jualan, jualan dan jualan tanpa memikirkan dari sisi marketing.

Maka solusi di tahun 2021 adalah Anda mulai membuat website toko online milik Anda sendiri. Berhenti alasan “gaptek” dan “faktor umur”, tidak perlu Anda membuang waktu membuat toko online sendiri, karena ada begitu banyak jasa pembuatan website yang bisa Anda cari di search engine dengan berbagai penawaran harga.

#2 Mulai Konten Berbasis Video

Rata-rata transaksi penjualan terjadi karena kenyamanan dan kepercayaan konsumen terhadap penjual. Bayangkan kalau Anda memiliki 2 (dua) hal tersebut, kenyamanan dan kepercayaan.

Kenyamanan dibangun karena keterbiasaan orang melihat Anda dan mengenal Anda, bukan bisnis Anda dan bukan perusahaan Anda, melainkan Anda sendiri. Dari kenyamanan maka akan timbul kepercayaan.

Youtuber yang dibangun bukan income melainkan kenyamanan dan kepercayaan, oleh karena itu mereka bisa mendapatkan subsciber yang nyaman dan percaya dengan apapun yang mereka katakan, serta endorsement dari berbagai vendor. Begitu juga dengan pengguna TikTok.

Mulai konten berbasis video milik Anda dengan menggunakan berbagai platform, bisa dengan Youtube, Tiktok atau Instagram TV (IGTV), karena video adalah salah satu cara tercepat untuk orang-orang mengenal Anda dan percaya sama Anda. Salah satu cara tercepat untuk membangun engagement dan relationship kepada calon konsumen

Dengan video, Anda bisa mengarahkan audience Anda untuk membeli produk jual Anda tanpa harus mengeluarkan budget marketing, cukup keluarkan waktu Anda untuk membangun kenyamanan dan kepercayaan.

Apakah perusahaan besar juga bisa menggunakan strategi ini?. Jawaban saya adalah wajib!.

Awal saya membangun AWK Academy adalah berawal dari tahun 2010, saya membuat video di youtube yang isinya adalah tips-tips bagi UKM dan tips Digital Marketing. Beberapa bulan kemudian, banyak media yang menghubungi saya, dan Anda tidak telat kalau memulainya sekarang.

#3 Semua Berbasis Komunitas

Di tahun 2021, Anda sebagai pemilik perusahaan dan pemilik bisnis, sudah tidak bisa lagi jalan sendiri dan mengandalkan perusahaan Anda berkembang hanya dengan team internal Anda.

Kalau Anda ingin meningkatkan penjualan, maka Anda tidak jualan hanya di satu kota, melainkan Anda harus berada di seluruh Indonesia dan bahkan menjangkau masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri.

Bagaimana caranya?. Bangun komunitas milik Anda sendiri.

Case Study sederhana, manakah yang lebih dahulu dikeluarkan produk Apple?. Informasi kepada komunitas Apple atau trailer ads berbentuk video?. Percaya atau tidak, sebelum Apple mengeluarkan produknya, pengguna Apple sudah siap menanti untuk membeli produk terbaru Apple. Bahkan Apple sendiri membangun komunitas.

Kalau Anda online shop dan pemilik bisnis, maka bangun komunitas Anda yang tujuannya adalah membangun relationship dengan konsumen Anda. Kalau Anda perusahaan, maka bangun komunitas Anda untuk membangun networking.

Kalau Anda bingung platform yang tepat untuk membangun komunitas yang juga bisa digunakan untuk jualan, saran saya gunakan platform karya anak bangsa, Tribelio.

#4 Bangun Database Pelanggan

Ini paling penting!. Kalau saat ini Anda masih numpang di marketplace dan facebook shop, maka sekarang saatnya Anda memikirkan untuk memiliki database milik Anda sendiri.

Bayangkan kalau Anda memiliki 100.000 email pelanggan Anda, maka Anda tidak perlu mengeluarkan budget iklan lagi untuk setiap produk baru atau setiap promosi yang ingin Anda informasikan kepada pelanggan. Cukup melakukan broadcast 1X untuk dikirim ke 100.000 email pelanggan Anda.

#5 Bangun Kredibilitas Di Social Media

Anda tidak bisa lagi lari dari era social media yang sekarang ini mulai masuk ke era digital society, yang dimana social media menjadi hal penting di era dan generasi sekarang.

Kalau sebelumnya Anda tidak terlalu aktif di social media, maka sekarang ini, Anda harus berusaha keras untuk mulai aktif di social media untuk membangun kredibilitas, bukan untuk jualan!.

Sering yang saya dapatkan adalah tujuan yang salah ketika terjun dalam social media, yaitu jualan.

Social Media dari kata Social yang berarti sosialisasi dan Media yang berarti tempat atau wadah. Berarti Social Media adalah wadah untuk bersosialisasi. Sedangkan kalau terjadi transaksi penjualan dari social media, itu karena Anda telah berhasil membangun kredibilitas yang baik di akun Anda maupun akun jualan Anda.

Kalau Anda bilang tidak punya waktu untuk kelola akun social media, sekarang bukan lagi sebuah alasan karena ada begitu banyak jasa kelola akun social media yang professional, yang bisa membantu Anda mulai dari menyusun strategi sampai dengan followers Anda bertambah secara organik.

Silahkan Anda jalanin 5 (lima) strategi jualan di tahun 2021 dan follow instagram saya @andhikawijayakurniawan untuk berikan bukti kalau penjualan Anda meningkat setelah ikuti lima strategi yang saya bagikan.



-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/2z7MTf
X