Setiap orang pasti membutuhkan dan mempunyai Mentor/Guru dalam hidupnya. Bahkan secara sadar atau tidaknya, dari kecil hingga mungkin saat ini kita masih memiliki Mentor terbaik dalam hidup kita yaitu Orang Tua. 🙂

Mengenai Mentor/Guru, saya teringat pada saat awal pertama kali belajar Internet Marketing pada tahun 2005. Saya mulai belajar tanpa Mentor/Guru dan memulai perjalanan saya dari Adsense di tahun 2006. Jadi selama 1 tahun saya belajar dan mencari arti dari Bisnis Internet, Internet Marketing, Affiliate Marketing dan Internet Program.

Banyak orang yang bertanya kepada saya, “Pak, Anda belajar dimana dan siapa mentor Anda?”. Jika itu yang ingin Anda tanyakan juga kepada saya, maka saya hanya bisa tersenyum. Bukan karena ada rahasia, melainkan saya bingung harus menjawab belajar dimana dan siapa mentor saya.

Kebiasaan yang saya tanam dalam diri adalah saya selalu menyediakan waktu dalam 1 (satu) minggu, cukup 1 (satu) hari untuk membaca buku dan browsing.

Situs pertama yang selalu saya buka adalah Google, yang selalu bisa memberikan jawaban apa saja yang saya tanyakan. Dan kedua adalah Youtube, yang juga selalu bisa memberikan jawaban dari setiap pertanyaan.

Well, kalau ditanya siapa Mentor/Guru saya, maka saya akan bilang Google is my Mentor/Guru. Dan Youtube adalah tempat saya belajar. Sedangkan Juri atau Penilai dari hasil saya belajar adalah Alexa dan Google juga.

Guys, Anda tidak akan menemukan jawaban Anda dari Para Pakar apapun. Kenapa?. Mereka hanya memberikan Solusi terbaik buat Anda dan selanjutnya Anda harus kembangkan dan belajar lagi sendiri.

Keberhasilan dan Kegagalan seseorang bergantung pada dirinya sendiri. Orang lain hanya dapat memberikan Solusi Terbaik dan sisanya kita yang jalankan. 

So, mulai dari sekarang biasakan bertanya kepada Google dan belajar di Youtube. Biarkan Google dan Alexa yang menjadi Juri atau Penilai atas keberhasilan atau kegagalan Anda.

Yang terpenting adalah Jangan pernah berhenti Lakukan dan Mencoba. Gagal adalah hal biasa, tapi Kegagalan sesungguhnya adalah ketika Anda berhenti dan mulai kecewa. 🙂

 

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/KsqcU0
X