Sebagai pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) tentunya Anda merasakan bahwa hal terberat adalah ketika pertama kali Anda ingin memperkenalkan produk atau jasa ke masyarakat luas. Apakah benar?.

Dari kesimpulan tersebut, banyak pelaku UKM lebih memilih memperkenalkan produk atau jasa dan memasarkannya melalui Internet, tentu saja dengan alasan supaya produk yang dijual atau jasa yang ditawarkan akan cepat dilirik oleh masyarakat luas hanya dengan mengetik kata kunci di search engine. Apakah benar?.

Tapi kebanyakan pelaku UKM yang saya temui dan mengundang saya untuk berkonsultasi sering melupakan dan melakukan kesalahan-kesalahan yang memang sangat kecil bahkan hampir tidak terpikirkan, namun memiliki efek serta resiko bagi usaha yang dijalankan.

Salah satunya adalah permasalahan BRAND, yang dimana hampir pelaku UKM lebih memikirkan bagian external seperti bagaimana cara memasarkan produk atau jasa daripada memikirkan terlebih dahulu bagian internal seperti bagaimana membentuk brand yang kuat terlebih dahulu supaya ketika produk atau jasa mulai dipasarkan, maka masyarakat akan mudah mengenal produk atau jasa tersebut.

Branding sangat penting dan merupakan salah satu kunci keberhasilan UKM. Jika dilakukan dengan tepat dan benar maka hal ini dapat membantu Anda atau UKM dalam membangun kredibilitas, menarik perhatian pelanggan dan juga mempromosikan stabilitas bisnis Anda secara otomatis.

Jangan heran, jika UKM yang berhasil menjadi perusahaan besar adalah mereka yang memiliki kekuatan dalam segi branding dan memiliki keunikan tersendiri dalam segi brand juga yang dimana tentunya memberikan keunggulan tersendiri dalam persaingan serta membuat produk/jasa/usaha Anda lebih berkesan di mata masyarakat (konsumen).

Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah “bagaimana membuat brand menjadi lebih baik?”. Apakah benar?.

Sederhananya begini, Brand adalah kombinasi dari pengidentifikasi kecil yang mampu membuat produk/jasa/usaha Anda menjadi unik di mata masyarakat (konsumen). Dalam brand ada beberapa hal seperti Nama Bisnis Anda, Design Logo Anda yang dimana setiap tulisan serta setiap simbol harus mampu memberitahukan siapa diri Anda dan apa yang Anda lakukan.

Dan seperti yang sudah saya katakan di tulisan sebelumnya, bahwa kebanyakan pelaku UMKM sering lupa bahkan hampir tidak kepikiran untuk memperkuat bagian internal terlebih dahulu.

Ada beberapa tips dari saya bagi Anda pelaku UKM yang ingin meningkatkan Brand Anda menjadi lebih baik.

Berikan Bisnis Anda Sebuah Identitas Yang Kuat

Secara offline, Design Logo sangat penting jika Anda ingin membuat bisnis Anda langsung dikenali. Gunakan skema warna yang konsisten dan font yang tepat untuk jangka panjang dan untuk aktifitas pemasaran yang akan Anda lakukan baik melalui kartu nama maupun pada invoice. Sedangkan secara online, Design Web sangat penting jika Anda ingin membuat bisnis mudah dikenali dan profit Anda meningkat.

Saya pribadi banyak membantu teman-teman UKM dalam meningkatkan Brand produk dan Brand Personal dimana lebih dikenal dengan sebutan Branding Blog, yang saya kemas dengan baik dengan tujuan supaya Produk atau Jasa mereka mudah dikenal oleh masyarakat luas serta bekerja 24 jam selama 7 hari penuh.

Jangan Mempersulit Penyampaian Pesan Anda!

Percayalah, masyarakat (konsumen) paling tidak suka dengan kata-kata yang terlalu merayu dan bertele-tele. Ketika mereka ingin membeli sesuatu, mereka akan langsung melihat point yang ada dan jika Anda membuat sebuah tagline atau slogan, buatlah slogan yang singkat dan memberikan makna yang kuat bahwa “Itu Adalah Anda”. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda telah memisahkan diri Anda dari kompetitor Anda.

Dalam online, penyampaian pesan kepada konsumen berhubungan dengan psikologi dan juga komunikasi dari layout blog. Karena itu, dalam membuat sebuah blog harus dipikirkan dengan matang dari segi konsep, pemilihan warna sampai ke psikologi konsumen. Kecuali blog yang Anda buat, memang khusus untuk blog pribadi Anda dan bukan untuk jualan melainkan sekedar berbagi informasi.

Tetap Konsisten

Kesalahan fatal yang paling sering dilakukan UKM adalah tidak konsisten dalam bisnisnya. Ketika profit bisnis penurun, kebanyakan pelaku UKM lebih memilih mengganti haluan Brand daripada mempertahankan Brand yang sudah dibangun dari awal dimana mulai dari Design Logo sampai ke sebuah situs ataupun blog, dimana pada akhirnya akan menyebabkan Anda harus memulai dari NOL kembali dan kehilangan market awal yang sudah mengenal brand produk atau jasa Anda pertama kali.

Tetap Konsisten adalah kunci untuk menang dalam persaingan bisnis. Jangan mengubah brand yang sudah terbentuk, melainkan ubah cara memasarkan atau cara promosinya. Jika takut salah, carilah seorang konsultan yang memang expert dibidang yang Anda butuhkan.

Perhatikan Hal Kecil Yang Mampu Meningkatkan Brand

Dari pengalaman saya pribadi, setiap kali saya dan Anda berkomunikasi dengan konsumen yang potensial atau calon konsumen dan itu berarti sebuah kesempatan bagi Anda untuk memperkuat brand Anda secara gratis.

Sebagai contoh: ketika Anda dihubungi oleh calon konsumen yang bertanya-tanya tentang produk atau jasa Anda, berarti kesempatan Anda untuk memperkenalkan brand produk atau jasa Anda kepada mereka.

Contoh kedua: ketika Anda dihubungi untuk janji temu oleh calon konsumen untuk presentasi, berarti kesempatan Anda untuk memperkuat brand Anda dengan mempersiapkan kartu nama yang telah dirancang khusus untk branding Anda, branding usaha Anda atau branding produk Anda.

Contoh ketiga: ketika Anda dihubungi oleh calon konsumen melalui email untuk sebuah penawaran, berarti kesempatan Anda untuk memperkenalkan brand usaha dan brand produk atau jasa Anda melalui fasilitas signature pada email.

Hal-hal kecil seperti ini, sangat jarang diperhatikan oleh pelaku UKM yang dimana kebanyakan saya temui adalah lebih memilih mengirim email seperti mengirim SMS atau membalas BBM. Jika itu yang masih Anda lakukan sekarang, ubah semuanya dan mulailah dengan mencantumkan brand Anda, brand usaha Anda dan brand produk/jasa Anda.

Jangan Lupakan Evaluasi Hasil

Mengukur keberhasilan Anda adalah satu-satunya cara Anda akan tahu apakah metode Anda berhasil atau tidak. Ketika Branding Anda tidak lagi memberikan hasil yang Anda harapkan, saatnya bagi Anda untuk merevitalisasi ataupun melakukan revisi brand Anda.

Terserah Anda untuk memutuskan apakah waktunya mengganti secara lengkap identitas bisnis Anda atau melakukan perubahan kecil secara up to date. Tapi yang harus di ingat adalah coba baca kembali tulisan saya mengenai “Tetap Konsisten”.

Jika Anda memiliki sebuah situs atau blog untuk memasarkan produk atau jasa Anda, lakukan Conversion Rate Optimization yang penjelasan secara singkatnya adalah melakukan pelacakan dan analisa bagaimana cara pelanggan berinteraksi dengan situs atau blog Anda.

Misal: apakah dengan melalui SMS, apakah dengan melalui telefon, apakah melalui email dan lainnya. Setelah mendapatkan hasilnya, optimalkan bagian tersebut. Jika Anda merasa kesulitan, carilah seorang konsultan yang memang expert dibidang tersebut.

Saya pribadi mengakui bahwa dalam membangun dan memperkenalkan branding kepada masyarakat luas dengan modal yang minim, akan sangat sulit dilakukan oleh pelaku UKM. Akan tetapi dengan membangun dan memperkenalkan brand di awal, Anda sudah memenangkan satu langkah dari kompetitor Anda untuk menarik perhatian konsumen.

Semoga artikel saya tentang “Tips Agar Branding UMKM Lebih Baik” dapat bermanfaat bagi Anda dan jangan lupa berikan komentar terbaik Anda yang akan menjadi backlink buat situs/blog Anda.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/xZwCJk
X