Email Marketing adalah bagian utama dari strategi pemasaran perusahaan manapun. Setuju?!. Tapi sayangnya, email marketing dianggap berhasil apabila ada jumlah pelanggan yang membuka dan berinteraksi dengan email yang dikirimkan oleh Anda atau perusahaan Anda. 

Meskipun Anda atau perusahaan Anda membuat berbagai strategi konten dalam email marketing, tidak akan berpengaruh apapun kalau mereka tidak terlalu memperhatikan saat melakukan validasi email.

Validasi email sering diabaikan, namun merupakan salah satu bagian paling penting dalam email marketing untuk memperlancar komunikasi dengan pelanggan melalui email. Sederhananya, validasi email adalah proses pengecekan apakah alamat email masih valid dan dapat dikirim.

Kalau Anda memiliki akun email yang sudah tidak aktif dalam leads list (daftar leads) Anda, akhirnya Anda tidak hanya membuang-buang waktu dan uang, tapi juga mempertaruhkan reputasi Anda dan perusahaan Anda. 

Semakin tinggi tingkat bouncing yang dimiliki email Anda, maka semakin banyak kesempatan yang akan Anda dapatkan untuk membuat daftar spam audiens dan ini hanya akan menghalangi kemampuan Anda untuk mengidentifikasi dan memelihara prospek dan mengubahnya menjadi penjualan.

Kurangi Tingkat Bouncing Anda

Orang sering menghapus alamat email mereka atau memberi Anda yang palsu hanya untuk menghindari email spam.

Validasi email dapat membantu Anda mengetahui email mana di database Anda yang tidak valid dan cenderung menolak. Dengan begitu, Anda akan dapat memastikan bahwa tingkat pengiriman email Anda tinggi, sehingga menghasilkan keberhasilan kampanye email marketing Anda.

Hindari Perangkap Spam

Validasi email adalah cara yang baik untuk menghindari perangkap spam. Perangkap spam adalah email yang tidak lagi aktif namun masih dipantau. Jika Anda mengirim email ke salah satu akun email yang tidak aktif, maka email bisnis Anda akan ditandai sebagai spam. Sudah pasti tidak baik untuk strategi pemasaran Anda atau untuk reputasi perusahaan Anda.

Hemat Uang dan Tingkatkan ROI

Keuntungan terbesar yang bisa Anda dapatkan dari validasi email adalah jumlah uang yang bisa Anda hemat melalui pengurangan biaya pemasaran. 

Setiap email yang Anda kirim memerlukan biaya uang, jadi untuk setiap email yang tidak terkirim ke alamat yang benar, Anda hanya membuat uang.

Sekalipun Anda memiliki Virtual Private Server (VPS) sebagai hosting untuk aktifitas email marketing Anda, tetap diperhitungkan sebagai biaya pengeluaran.

Dengan list leads email yang telah divalidasi, otomatis statistik kampanye Anda akan lebih tinggi dari sebelumnya.

Tingkatkan Reputasi

Jika tingkat bouncing Anda meningkat, penyedia email akan mulai melarang email Anda atau perusahaan Anda dari layanan mereka. 

Apabila banyak email Anda yang ditolak dan dipantulkan (bounching) kembali, Penyedia Layanan Internet (Internet Service Provider – ISP) akan mengirim email Anda atau perusahaan Anda ke folder spam. 

Tidak ada yang ingin menjadi spammer, bukan?. 

Di sinilah validasi email akan membantu Anda membangun reputasi yang kuat dengan penyedia layanan Internet dan target audience Anda.

Salah satu cara sederhana untuk melakukan validasi email adalah dengan mengaktifkan double opt-in, sehingga ketika mereka memasukan nama dan email, maka lead Anda akan mendapatkan email yang mengharuskan mereka untuk klik link validasi sebelum mendapatkan email pertama Anda.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/OSJik3
X