Konversi penjualan toko online meningkatkan, siapa yang tidak mau?. Tentu semua pemilik bisnis pasti mau penjualannya meningkat, benar?.

Apakah ada pembaca blog saya yang tidak ingin penjualannya meningkat?. 😀

Untuk meningkatkan penjualan di era persaingan digital memang tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa.

Sewaktu saya diundang seminar, ada banyak sekali pertanyaan tentang hal ini dan yang merasa tidak bisa meningkatkan penjualan karena perang harga khususnya di marketplace.

Ini sepertinya menarik kalau saya bahas di artikel selanjutnya tentang meningkatkan penjualan di marketplace, karena artikel kali ini saya ingin bahas tentang meningkatkan penjualan toko online melalui website sendiri.

Tips #1: Permudah Alur Checkout.

Benar!. Saya masih sering melihat beberapa toko online yang untuk checkout saja masih susah.

Nah biasanya kalau untuk beli saja sudah susah, calon konsumen akan mulai malas untuk melanjutkan pemesanan.

Solusinya bagaimana?.

Kalau toko online Anda menggunakan sistem daftar dulu baru bisa beli, maka mulai sekarang hapus sistem tersebut dan izinkan Guest Checkout terjadi. Yang artinya, semua orang bisa melakukan pembelian tanpa harus daftar jadi member atau melakukan pendaftaran di web terlebih dahulu.

Kemudian kalau website Anda menggunakan Woocommerce, maka ada baiknya shortcode checkout digabung kedalam page cart tepatnya dibawah shortcode cart. Dengan begitu calon konsumen tidak perlu melakukan klik dua kali untuk melakukan pemesanan.

Tips #2: Segera Balas!.

Karena negara kita adalah negara Indonesia, yang mayoritas masyarakatnya adalah suka berkomunikasi, maka agar terjadi peningkatkan penjualan, berikan kemudahan bagi calon konsumen untuk bertanya dan usahakan balas dengan segera mungkin pertanyaan mereka dibawah 1×24 jam.

Salah satu resiko terjun dalam dunia digital adalah harus tetap siaga aktif 24/7 untuk siap membalas pertanyaan dari calon konsumen, apabila lebih dari 1×24 jam, biasanya mereka akan mulai malas untuk melakukan pemesanan karena dianggap tidak responsive.

Solusinya bagaimana?

Siapkan semua kebutuhan calon konsumen untuk bertanya yang disesuaikan oleh Anda juga. Dalam arti, apabila Anda lebih nyaman dan lebih cepat dengan menggunakan Whatsapp Messenger, maka integrasikan toko online Anda dengan Whatsapp juga agar konsumen bisa dengan mudah berkomunikasi atau bertanya kepada Anda.

Tingkatkan Konversi Penjualan Toko Online Anda dengan menggabungkan Woocommerce dengan Whatsapp Messenger melalui plugin wordpress: WoosApp Order.

Apabila calon konsumen lebih suka dengan Facebook Messenger, maka gunakan atau integrasikan toko online Anda dengan Facebook Messenger, sehingga calon konsumen Anda bisa dengan mudah menghubungi Anda.

Tips #3: Minta Review, Bukan Maksa.

Sejak jaman dulu sampai sekarang, salah satu peran yang bisa meningkatkan penjualan adalah testimonial atau review dari konsumen.

Sayangnya di era sekarang, banyak sekali toko online yang mencoba memaksa minta review atau testimonial kepada konsumen dan bahkan rela membayar artis untuk fake endorse hanya untuk meningkatkan penjualan.

Solusinya bagaimana?

Review atau testimonial adalah suatu komentar yang diberikan konsumen karena telah menggunakan dan bermanfaat. Anda boleh minta review atau testimonial produk Anda, tapi bukan dengan cara mengerjar apalagi memaksa untuk memberikan review.

Apabila barang/produk telah sampai di konsumen, maka tanyakan manfaatnya atau kualitasnya (bisa juga kondisinya), setelah itu katakan “Terima kasih telah belanja di [nama toko online Anda] dan luangkan waktu untuk memberikan testimonial yang sangat berharga bagik kami”. Dengan begitu, konsumen yang telah menggunakan produk Anda atau menerima barang yang Anda kirim dengan kondisi baik, akan dengan suka rela memberikan testimonial tanpa harus Anda paksa.

Yang kedua adalah endorse artis atau public figure, itu sah aja selama bukan fake endorse yang sudah diberikan naskah untuk si artis atau public figure tinggal baca. Tapi modal sedikit untuk mendapatkan hasil maksimal.

Anda bisa memberikan satu produk atau barang Anda kepada si artis atau public figure untuk di endorse dan kemudian Anda bisa minta kepada mereka untuk dengan suka rela memberikan video endorse minimal durasi 60 detik dengan catatan mereka setuju.

Kalau pun mereka tidak setuju, anggap saja barang atau produk yang Anda berikan sebagai hadiah dari Anda yang mungkin mereka akan jadi konsumen.

Bisnis harus jujur bukan?.

Walaupun banyak artis yang memberikan tarif endorse, tapi kalau Anda bisa mendapatkannya tanpa membayar mereka berarti produk Anda atau barang Anda memang memiliki value. Dengan begitu, nila jual Anda akan meningkat dan dengan meningkatnya nilai jual, berarti terjadi peningkatan juga dalam penjualan. 🙂

Tips #4: Event!

Ini paling penting!. Sebagai pemilik toko online, bukan berarti Anda hanya jualan secara online melainkan Anda juga harus ikut peran dalam event-event yang sering diadakan di internet. Misalnya: Black Friday event.

Kalau Anda pemilik produk (vendor) berarti Anda bisa ikut event-event offline seperti pameran-pameran dan lainnya yang tentu akan mendongkrak dua hal yaitu brand dan sales.

Kalau Anda dropshippper, berarti Anda harus menggunakan Sales Quantity, bukan lagi berharap margin besar melainkan margin kecil dengan konsumen banyak, dengan begitu tujuannya adalah mendapatkan database konsumen untuk promosi produk baru nantinya.

Sekarang waktunya Anda praktek 4 tips sederhana yang saya berikan tentang meningkatkan penjualan toko online dan saya tunggu kabar baik dari Anda di kolom komentar.

Yuk diskusi. Silahkan tulis di kolom komentar dan saya pasti balas. 🙂

Shares
X