Fakta: pertama kali orang menerima email, adalah bukan untuk membeli produk atau jasa (baca: transaksi). Melainkan untuk mendapatkan informasi yang memiliki keuntungan untuk menjawab kebutuhan.

Dan fakta kedua adalah orang melakukan aktifitas email untuk berkomunikasi dua arah, bukan untuk komunikasi satu arah. Karena itu email digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh atau surat menyurat.

Dengan kedua fakta tersebut, bagaimana aktifitas Email Marketing bisa menghasilkan penjualan dan menjadi mesin penghasil uang yang mampu memberikan repeat-order (baca: pembelian berkala)?.

Hal yang idealnya Anda harus pahami adalah pemahaman dari aktifitas Email Marketing terlebih dahulu bahwa Email Marketing apabila dipisahkan berarti menjadi:

  1. Email yang berarti surat yang dikirim dengan bantuan media internet atau sering disebut dengan surat elektronik.
  2. Marketing berarti pemasaran, yang lebih rincinya adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan individu.

Berarti apabila keduanya dijadikan satu, maka secara umum arti dari aktifitas Email Marketing adalah aktifitas penyusunan komunikasi yang bertujuan memberikan informasi mengenai barang atau jasa berbasis surat yang dikirim dengan bantuan media internet.

Lalu, bagaimana caranya Anda bisa menggunakan email sebagai media pemasaran (baca: marketing) atau email marketing?. Silahkan simak Tips Email Marketing dari saya untuk pemula.

Semoga tips dari saya dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/DqecEI
X