Memiliki website atau blog dengan domain yang menggunakan self-hosting (baca: hosting sendiri) memang menjadi sebuah kebanggaan sekaligus menjadi sebuah kerjaan tambahan.

Pertama kali saya memutuskan untuk pindah dari blogspot dan membuat blog ini, saya merasa bangga dan bahkan setiap hari saya pandangin terus.

Berjalan setahun, dua tahun dan tiga tahun mulai kewalahan dengan mengurus blog yang ternyata harus rajin diupdate dan dikelola dengan baik. Dari kejadian-kejadian kecil dalam mengelola blog, akhirnya saya belajar yang namanya blog management dan website maintenance.

Kelemahan blog dengan menggunakan self-hosting yang shared hosting atau hosting yang memiliki batasan kapasitas adalah Anda harus rajin membersihkan hosting Anda agar kapasitasnya tidak penuh dengan sia-sia atau penuh karena gambar atau file yang tidak penting.

Sebagai contoh, setiap kali setelah Anda install plugin, usahakan file gambar screenshot di file plugin pada hosting dihapus agar hosting menjadi bersih dan kapasitasnya terjaga dengan baik.

Contoh lainnya adalah ketika Anda upload gambar, usahkan gambar tersebut dibawah dari 500KB agar hosting tidak berat dan kapasitas hosting juga terjaga dengan baik.

Dalam permasalahan ngeblog, yang paling sering menghabiskan kapasitas hosting adalah file gambar. Kenapa?. Karena blog juga butuh visual dan dalam blog, visual itu paling banyak makan kapasitas. Anda perhatikan saja blog ini, berapa banyak gambar yang ada didalamnya. Kalau saya tidak jaga dan tidak menggunakan strategi penghematan kapasitas hosting, maka hosting saya bisa meledak. 😀

Buat Anda yang takut kapasitas hostingnya meledak (baca: penuh), saya punya solusi dan tips untuk Anda bisa menghemat kapasitas hosting hingga 80%!.

Kalau Anda sudah terlanjur banyak artikel dan semua file gambar di upload kedalam self-hosting Anda, maka solusi terbaik adalah tambah kapasitas hosting Anda dan mulai dengan tidak upload file gambar lagi kedalam hosting.

Kalau artikel Anda masih dibawah 30 artikel, berarti Anda masih bisa edit satu per satu dan pindahkan file gambar dan hapus file gambar di hosting Anda. Kerja dua kali tapi hasilnya akan memberikan kepuasan untuk Anda.

Semoga tips saya bermanfaat untuk Anda dan bisa diaplikasikan oleh Anda sehingga Anda tidak takut lagi untuk melakukan aktifitas ngeblog.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/lkRMNH
X