Kebetulan saya dipercaya menjadi admin dalam beberapa facebook group dan salah satu group ada members yang posting mengenai penipuan tentang belanja online,

Di twitter saya @AndhikaWijaya, pernah membahas tentang penyebab penipuan belanja online di internet tidak bisa dihentikan.

Ada 2 faktor yang menyebabkan penipuan terjadi dan tidak bisa dihentikan, yaitu:

  • Faktor Keuangan.
  • Faktor Gaya Hidup.

Dalam artikel ini saya ingin berbagi “4 Tips Mudah Antisipasi Penipuan Dalam Belanja Online” yang dapat digunakan oleh Anda untuk antisipasi agar tidak tertipu saat belanja online.

Google First!

Sebelum membeli atau memesan sebuah produk, pastikan Anda tanya terlebih dahulu kepada Google.

Misalnya Anda menemukan Toko Online ABC, pastikan Anda searching terlebih dahulu di Google dengan kata kunci “ABC scam” atau “ABC penipu” dan lainnya yang mengandung unsur penipuan.

Kalau Google tidak mencatat adanya kasus penipuan, ada 2 hal kemungkinan yaitu:

  • Memang aman dan terpercaya.
  • Baru buka atau baru mulai, sehingga google belum mencatat adanya laporan penipuan.

Jadi tetap pastikan terlebih dahulu dengan tips selanjutnya.

Domain Berbayar atau Gratis?

Banyak penipuan terjadi berawal dari kurangnya pengetahuan dari pembeli. Kebanyakan pembeli masih tergolong sangat awam untuk hal dunia jual beli online. Yang pembeli tahu adalah harga murah.

Dalam dunia internet, domain adalah hal terpenting dalam menjalankan bisnis di internet. Karena itu, jika Anda ingin belanja secara Online, pastikan lihat terlebih dahulu apakah domain tersebut gratis atau berbayar. Menggunakan akhiran .com/.co.id/.net atau menggunakan gratis seperti blogspot/.co.cc.

Domain gratis salah?

Tidak ada yang salah, akan tetapi untuk berbisnis dan jual beli, salah satu kepercayaan harus dilihat dari hal tersebut.

Misalnya si penjual menjual seprei. Kemudian Anda ingin beli seprei dari penjual tersebut, pastikan yang Anda lihat pertama kali adalah domainnya.

Apakah dia menggunakan TokoOnline.Blogspot.com atau TokoOnline.com?. Pada umumnya toko online jarang menggunakan .net/.org. Kebanyakan menggunakan akhiran .com.

Kalau si penjual menggunakan domain gratis seperti TokoOnline.YukBisnis.com, TokoOnline.Tokopedia.com, dan lainnya bagaimana?. Akan saya bahas di tips selanjutnya.

Hal ini berlaku juga untuk penjualan di facebook atau online shop facebook. Yang dimana penipuan lebih sering terjadi melalui facebook.

Chat, SMS, Email atau Telp!

Walaupun saya kurang setuju dengan dunia internet yang masih menggunakan SMS/Telp sebagai metode komunikasi, tetapi dunia internet belum sepenuhnya bergerak penuh secara online.

Hanya beberapa perusahaan online yang memanfaatkan email sebagai komunikasi, seperti Amazon.com.

Menjawab pertanyaan sebelumnya tentang “Kalau si penjual menggunakan domain gratis seperti TokoOnline.YukBisnis.com, TokoOnline.Tokopedia.com, dan lainnya bagaimana?”.

Biasanya situs ecommerce yang bersangkutan memiliki tim verifikasi tersendiri yang dimana jika ternyata memiliki unsur penipuan, maka akun akan di suspend/delete (dihapus).

Sebagai pembeli, antisipasi yang bisa dilakukan adalah sebelum memesan coba untuk komunikasi dengan penjual melalui Chat Yahoo Messenger, jika memang support.

Melalui SMS, jika memang harus SMS. Melalui telp, jika diperbolehkan telp dan melalui email.

Jika si penjual memiliki support 4 hal tersebut, setelah chat coba konfirmasi kembali dengan mengirim SMS, Email dan juga telp kembali untuk tanya-tanya mengenai produk yang ingin Anda beli.

Perhatikan Rekening Transaksi!

Salah satu cara untuk antisipasi adalah dengan teliti melihat rekening untuk pembayaran. Misalnya si penjual bernama Budi sedangkan rekeningnya bernama Ina, berarti hal ini harus di waspadai.

Akan tetapi belum tentu terkait penipuan. Karena bisa saja Ina dan Budi adalah partners dalam menjalankan bisnis di internet.

Pada umumnya sebuah toko online memiliki rekening dengan nama yang sama dengan penjual. Sekalipun si penjual memiliki 4 rekening, biasanya naman di rekening akan sama semua.

Ada beberapa tips lainnya untuk mengetahui lebih detail apakah si Toko Online tersebut memiliki kasus penipuan atau memang penjual terpercaya.

Akan tetapi tips anitispasi belanja online yang saya berikan adalah tips umum yang dapat dilakukan oleh semua orang.

Hal terpenting yang harus diketahui adalah blogspot.com berfungsi untuk ngeblog bukan jualan.

Jika ingin berjualan tetapi budget terbatas, ada baiknya memanfaatkan ecommerce yang gratis seperti Tokopedia.com, YukBisnis.com, TokoBagus.com, Juale.com dan DinoMarket.com.

Jika memiliki budget, ada baiknya membuat toko online sendiri dengan menggunakan nama domain toko online sendiri. 🙂

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/GiMj8v
X