Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu cara yang dapat membantu search engine menemukan situs Anda. Selain itu dapat juga meningkatkan ranking situs Anda untuk mengalahkan jutaan situs lain atau kompetitor.

Search Engine Optimization bertujuan membantu Anda untuk mendapatkan organic traffic dari Search Engine dan juga untuk mengoptimalkan kinerja situs/website pada Search Engine seperti Google, Yahoo dan Bing.

Tips Untuk Memulai Optimasi Search Engine (SEO)

Untuk memulai mengoptimalkan situs pada search engine, ada 8 (delapan) hal yang harus Anda pahami dan lakukan. Secara singkatnya:

  1. Cari Situs Related Keywords.
  2. Buat situs/blog.
  3. Buat judul atau title situs/blog Anda dengan tepat.
  4. Membuat META Keywords dan META Deskripsi dengan tepat.
  5. Buat konten yang unik. Di Internet, Content is The King!.
  6. Install Google Web Analytics pada situs/blog.
  7. Memonitor peringkat situs/blog Anda dan evaluasi.
  8. Buat profile bisnis di situs social media dan pasang link situs/blog.

Pentingkah Metode Optimasi On-Page dan Optimasi Off-Page?

Hal terpenting dalam mengoptimalkan situs pada search engine atau Search Engine Optimization (SEO) adalah situs Anda harus di isi dengan konten yang baik. Kenapa?. Karena satu-satunya cara berkomunikasi dengan visitor situs/blog, konsumen, atau klien adalah dengan menggunakan kata-kata tertulis pada situs/blog Anda. Oleh karena itu dalam dunia Internet, ada istilah Content Is The King (Konten Adalah Raja).

Dengan mengisi situs/blog Anda dengan konten berkualitas dan sesuai dengan kata kunci pada title, META Keywords, META Deskripsi dan lainnya yang ada dalam situs/blog Anda, maka sudah dapat dikatakan Anda sedang melakukan Optimasi On-Page.

Setelah situs/blog Anda dioptimalkan secara On-Page, maka Off-Page SEO menjadi 100% penting. Kenapa?. Tanpa inbound link, situs memiliki sedikit atau tidak ada kemungkinan rangking dalam hasil pencarian di Search Engine.

Off-Page SEO berhubungan dengan membangun link dari situs-situs tambahan atau diluar dari situs/blog Anda. Link ini akan mengarahkan visitor/konsumen/klien kembali ke situs Anda.

Pada dasarnya, Google akan mencari atau melihat tentang situs/blog Anda dari situs/blog lain yang telah Anda taruh/tanamkan link.

Trik sederhana Off-Page SEO untuk mendapatkan posisi tinggi atau tingkat di Search Engine seperti Google, Yahoo, atau Bing adalah:

  1. Pasal pemasaran
  2. Direktori pemasaran
  3. Forum profiling
  4. Siaran pers
  5. bookmark sosial
  6. Blog komentar
  7. Forum komentar
  8. Blog Promosi di Blogger dan WordPress. Atau disebut dengan blogwalking.

Kedua metode tersebut sangat penting. Tetapi Off-Page SEO adalah hal yang akan membuat situs/blog Anda mendapatkan rank tinggi dalam Search Engine.

Dengan menerima lebih banyak traffic, maka situs/blog Anda berada dalam posisi yang baik. Dengan begitu, jika situs/blog Anda digunakan untuk berbisnis maka secara otomatis penjualan akan tambahan dan berarti profit akan meningkat.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/eBtvXc
X