Salah satu cara cepat menghasilkan uang di internet adalah dengan membangun eCommerce atau bagi masyarakat umum sering disebut dengan Toko Online.

Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi dan internet, maka semakin banyak juga Toko Online yang bermuncul baik dengan melalui social media maupun dengan menggunakan web Toko Online sendiri.

Kehadiran Toko Online yang semakin banyak, serta dengan beraneka ragam produk, membuat pemiliki toko online harus berpikir keras dan menggunakan berbagai macam strategi untuk menarik konsumen-konsumen baru.

Tidak sedikit juga Toko Online yang pada akhirnya tutup karena tidak mampu bersaing dengan toko online lainnya yang menjual produk yang sama dengan harga yang bersaing juga.

Lalu bagaimana cara tetap bertahan dalam persaingan dan tetap mendapatkan keuntungan?.

Hal pertama yang harus diketahui adalah bahwa setiap orang ke Internet, untuk mencari sebuah informasi dan bukan untuk bertransaksi jual beli. Sedangkan hal kedua, sejak kehadiran social media facebook, aktifitas pengguna internet mengarah kepada bersosialisasi.

Melihat hal pertama dan hal kedua, pengguna internet mengakses internet adalah untuk mencari informasi dan bersosialisasi. Tidak berbeda dengan Anda yang saat ini membaca artikel tentang “Toko Online Harus Punya Komunitas” tentunya Anda sedang mencari sebuah solusi atau informasi.

Jika sebuah Toko Online ingin tetap bertahan dan tetap mendapatkan keuntungan, maka harus memiliki kedua hal tersebut, yaitu informasi dan sosialisasi.

Aktifitas toko online memang dilakukan secara online, akan tetapi bukan berarti 100% dilakukan online!. Jika Anda perhatikan toko online yang sukses, adalah mereka yang memiliki konsumen yang sangat ketergantungan dengan produk ataupun program-program yang diadakan oleh toko online.

Salah satu cara toko online bisa bertahan adalah harus punya komunitas, bukan berdiri sendiri.

Sebagai contoh, katakan Anda menjual produk Hijab dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan baik menengah kebawah maupun kelas menengah keatas. Pertanyaannya adalah bagaimana cara cepat toko online Anda dikenal sebagai toko yang menjual Hijab dan juga bagaimana cara mendapatkan market pasti toko online Anda?.

Jawabannya adalah tentu Anda harus terjun atau masuk kedalam komunitas Hijabers dan mulai menyebarkan flyer/brosur atau kartu nama. Dan bisa juga memperkenalkan diri sebagai owner dari toko online yang menjual Hijab beserta perlengkapan lainnya serta memberikan diskon khusus untuk komunitas tersebut.

Dengan begitu, ada 5 hal pasti yang akan Anda dapatkan:

  1. Market yang sudah pasti!
  2. Keuntungan yang pasti!
  3. Efek viral Word of Mouth yang pasti! (jika layanan Anda, baik)
  4. Branding Toko Online yang cepat dikenal!
  5. Dan hemat biaya pengeluaran promosi!.

Apapun produk yang Anda jual saat ini, misalnya sparepart motor, mainan, makanan ringan dan apapun itu, mulailah mencari komunitas bersangkutan dan ikut kedalam komunitas tersebut. Jika produk Anda tidak memiliki komunitas, maka jadikan hal tersebut peluang yang dimana Anda dapat menciptakan sebuah komunitas baru.

Anda harus mulai bergerak mengikuti pergerakan sosial pengguna internet yang mengarah pada 3C yaitu Content (Konten), Community (Komunitas) dan Commerce (Perdagangan).

Semoga artikel mengenai “Alasan Toko Online Harus Punya Komunitas” dapat memberikan manfaat untuk Anda. 🙂

Shares

 BONUS UNTUK ANDA! 

Siapa lagi yang mau mendapatkan BONUS
2 VIDEO + EMAIL SERIES dari saya yang akan membantu MEMAHAMI BISNIS ONLINE dan MENGHASILKAN UANG DI INTERNET dengan TEPAT & BENAR?.
close-link
Jangan Dibuka!
X