Dalam artikel sebelumnya saya sudah memberikan prediksi Trend Search Engine Optimization (SEO) Di Tahun 2018 yang bisa Anda jadikan sebagai acuan sementara untuk mempersiapkan perkembangan bisnis Anda di tahun 2018.

Tidak semua trend akan berganti terus menerus sepanjang tahun demi tahun, tetapi tahun 2018 ada pergeseran Netizen Need (kebutuhan pengguna internet) dari media-text menjadi media visual.

Bukan berarti media-text ditinggalkan tetapi prioritas pengguna internet sudah mulai bergeser ke media visual yaitu video dan audio.

Prediksi sementara saya untuk Trend Digital Marketing di tahun 2018 adalah:

#1 Bot/Artificial Intelligence

akan semakin berkembang dalam dunia bisnis khususnya dalam hal layanan konsumen. Salah satu perusahaan telekomunikasi sudah mengumumkan menggunkan AI atau BOT sebagai layanan konsumen mereka.

Di tahun 2018, BOT akan menjadi salah satu yang TOP akan dicari perusahaan maupun UKM dan saya bersyukur sudah terlebih dahulu membantu banyak UKM dan memberikan layanan pembuatan BOT pada Facebook Messenger melalui perusahaan digital agency saya.

#2 Video Blog (Vlog)

Tahun 2017 saya pernah prediksikan bahwa akan banyak sekali orang-orang masuk dalam dunia video untuk marketing maupun untuk brand dan semakin banyak video creator yang akan bermunculan serta vlogger yang semakin banyak.

Di tahun 2018, prediksi saya adalah Anda harus mulai vlog karena di tahun 2018 hampir 60% orang bukan lagi cari informasi melalui search engine, melainkan melalui media video youtube.

#3 Media Blog

Media Blog tidak akan pernah turun karena blog adalah sebuah media sharing yang banyak dimanfaatkan untuk 3 hal yaitu sebagai media berbagi, media pemasaran dan media meningkatkan brand, jadi di tahun 2018 pengguna blog akan meningkat seiring banyaknya creator video untuk vlog

[Rekomendasi: 2 Days E-Workshop Multiple Income Blog – Belajar Menghasilkan Income Minimal 10JUTA per bulan Dari Blog]

Trend Digital Marketing di tahun 2018 ini sebelum saya release atau terbitkan melalui blog, saya sudah kirim email terlebih dahulu kepada #TemanAWK yang bergabung dalam list saya, kemudian saya juga sudah posting stories di instagram saya dan terakhir facebook saya secara live. Silahkan simak live saya dibawah ini sampai selesai (saya ada bahas sedikit tentang kondisi Bitcoin di tahun 2018). 🙂

Semoga prediksi Trend Digital Marketing di tahun 2018 yang saya release ini bisa menjadi acuan sementara Anda untuk mengembangkan strategi digital marketing dan arah pengembangan bisnis Anda.

Shares
X