Sepanjang tahun 2017, bukan hanya search engine Google yang terus berkembang terhadap alogritma pencarian dan fitur-fiturnya, search engine BING, pun sekarang sudah bisa dikatakan saingan terberat Google untuk tahun 2017.

Tanggal 8 Maret 2017, Google mengeluarkan algoritma yang disebut dengan Alogritma Fred yang cara kerjanya adalah menargetkan situs website/blog yang melanggar pedoman webmaster Google.

Sebagian besar situs yang terkena dampak ini adalah webisite/blog dengan pos berkualitas rendah yang dibuat sebagian besar untuk tujuan menghasilkan pendapatan iklan atau sering disebut dummy website/blog.

Seperti virus, ada virus tentunya ada anti-virus, Algoritma Fred bisa disesuaikan dengan cara meninjau kembali pedoman dari Google dan perhatikan konten yang dibuat.

Jika Anda memiliki website untuk menampilkan iklan, pastikan halaman yang mereka temukan berkualitas tinggi dan tawarkan informasi yang relevan. Intinya, untuk terbebas dari Algoritma Fred adalah gunakan white-hat SEO dalam hal konten, yaitu jangan coba mengelabui Google agar menganggap halaman website Anda adalah tentang konten yang baik, padahal isinya adalah penuh dengan link affiliasi dan penuh dengan iklan lainnya.

Algoritma Fred akan terus berjalan hingga nanti tahun 2018 dan dengan penambahan algoritma terbaru dari Google yang akan mereka release di tahun 2018 nantinya.

Saya juga melihat beberapa trend yang akan menjadi momentum dalam Search Engine Optimization (SEO) di tahun 2018, yaitu:

#1 MFS (Mobile First Shift)

Langkah search engine Google yang tak tergoyahkan menuju mobile internet terbukti di tahun ini (2017) dan akan semakin penting di tahun 2018.

Tidak ada yang baru untuk Mobile First Shift, tapi di tahun 2018, Google menggerakkan 96% mobile search traffic, dan Anda mungkin telah memperhatikan bahwa sebagian besar trend terbaru Search Engine Optimization (SEO) adalah terkait dengan mobile users, sedangkan desktop akan menjadi titik sentuh sekunder bagi banyak pengguna search engine Google.

Mobile First Shift akan membantu pengguna dengan mudah menemukan konten yang mereka cari, dengan mudah dan secepat mungkin. Jadi, Anda harus memastikan bahwa situs website/blog Anda ramah seluler untuk mendapatkan kesempatan rank di search engine.

#2 PPS (Predictive and Personalized Search)

Trend kunci lain pada kenaikan traffic adalah pencarian prediktif dan personal. Kenapa?. Karena pencarian prediktif menjadi lebih dominan. Tools seperti Google Now semakin lama semakin cerdas dan mampu memberikan hasil personal yang sesuai kepada users.

#3 Local Search

Pentingnya pencarian lokal juga merupakan faktor penting saat Anda membicarakan tentang Relevant Search Result dan Personalize Search Result. Dengan semakin ramai pengguna internet, dunia bisnis menghadapi persaingan yang serius kecuali jika mereka melakukan perubahan besar terhadap pencarian lokal yang sepertinya tahun 2018 tidak akan terjadi. 🙂

#4 Voice Search

Sangat jelas bahwa tahun ini (2017), Voice Search atau pencarian suara adalah langkah logis berikutnya dalam search engine. Berkembangnya Artificial Intelligence (AI) seperti SIRI pada Apple, OK Google! pada Google search dan lainnya, membuat semakin banyak orang mulai menggunakan fitur pencarian suara dari smartphone mereka, laptop dan komputer mereka dan ini adalah jenis baru dari Search Engine Optimization (SEO) yang akan lahir menjadi strategi Search Engine Optimization (SEO) di tahun 2018

#5 Visual Content

Konten video adalah kunci penting lainnya untuk dipasarkan pada tahun 2017. Lahirnya creator-creator video dengan jumlah subcriber yang terus meningkat membuktikan bahwa tahun 2017 menjadi tahun konten visual yang paling diminati.

Di tahun 2018 konten visual akan semakin booming dilihat dengan semua pergerak-kan social media yang masing-masing mengeluarkan short stories dan live stories. Selain itu, algoritma Google yang juga menampilkan konten video pada halaman pencarian sebagai tanda jelas bahwa konten visual memiliki peran penting dalam search engine.

Masihkah Anda tidak ingin mulai Video Blog Anda sendiri?. Kalau begitu, silahkan nonton gratis tips-tips digital marketing dan vlog saya di akun youtube “Andhika Wijaya Kurniawan”.

Kesimpulan saya, pada tahun 2018 ada 5 (lima) Trend Search Engine Optimization (SEO) yang harus Anda pelajari, pahami dan terapkan dalam website/blog maupun bisnis Anda, yaitu:

  1. Mobile First Shift.
  2. PPS (Predictive and Personalized Search).
  3. Local Search.
  4. Voice Search.
  5. Visual Content.

Kurang puas?. Pelajari langsung di 2 Days HACK Search Engine Optimization (SEO) Workshop yang akan diadakan di tahun 2018.

Shares

 BONUS UNTUK ANDA! 

Siapa lagi yang mau mendapatkan BONUS
2 VIDEO + EMAIL SERIES dari saya yang akan membantu MEMAHAMI BISNIS ONLINE dan MENGHASILKAN UANG DI INTERNET dengan TEPAT & BENAR?.
close-link
Jangan Dibuka!
X