“Indonesia Membutuhkan Entrepreneurs dan Creativepreneurs”
Andhika Wijaya Kurniawan & Friends



Ada banyak cara untuk memulai suatu Usaha. Baik dengan Modal yang Besar, Modal yang Kecil atau dengan Modal Dengkul. Loh? Modal Dengkul?. Yes! Modal Dengkul dalam arti Hampir Tanpa Modal.

Tapi semua Usaha pasti membutuhkan Modal yang Besar, untuk membuka Warung saja membutuhkan Modal kurang lebih Rp. 5.000.000 – Rp. 20.000.000,-. Bagaimana mungkin bisa memulai suatu Usaha dengan Modal Dengkul?“. Mungkin!. Anda bisa menjalin Usaha dengan sistem Kemitraan atau Bagi Hasil dengan seseorang. 🙂

Banyak sekali email yang masuk ke contact@AndhikaWijayaKurniawan.com dan bertanya mengenai cara memulai Usaha dengan Modal yang Minim.

MODAL memang penting, tetapi jangan dijadikan suatu alasan untuk tidak memulai suatu usaha. Dan yang namanya MODAL tidak selalu berbentuk “UANG”, bisa juga :

1. Berupa Kemitraan/Bagi Hasil.
Setiap orang memiliki IDE untuk menjalankan atau mendirikan sebuah Usaha tetapi Kendala utama adalah di MODAL, The Question is Kenapa tidak Bermitra dengan orang yang memiliki Uang?. The Simple Answer is karena si Pemiliki IDE tidak memiliki Keberanian dan Keterampilan . Sebenarnya Strategi Bisnis yang menggunakan Sistem Kerjasama (Win Win Solutions) ini sudah banyak diterapkan oleh Pebisnis. Kalau dalam Business Internet sering disebut Joint Venture (JV). Yang dimana Pemilik IDE dan Pemodal bermitra menjalankan Bisnis yang dibangun bersama dan Hasilnya dibagi sama rata 50%-50% atau sesuai Kesepakatan.

2. Berupa Gagasan/Ide.
Hal pertama dan terpenting setiap orang yang ingin memulai dan menjalankan suatu Usaha. Yes!. in Business, you need Idea not only Skill. Lalu dari mana Ide itu bisa muncul?. Anda harus peka terhadap lingkungan atau sekitar Anda bahkan saya menyarankan beberapa teman saya untuk menjadi Orang Bodoh terlebih dahulu untuk dapat melihat suatu Peluang.

3. Berupa Perantara/Makelar.
Tidak ada alasan untuk tidak memulai suatu Usaha. Salah satunya ada dengan bermodal Otak dan Dengkul. Loh? Ada Modal Otak dan ada Modal Dengkul?. Modal Otak bisa berupa Ide atau Memikirkan Solusi, sedangkan Modal Dengkul adalah Modal Minim dan bisa dikatakan hampir tidak mengeluarkan Modal. Dan saat ini banyak sekali yang Eksekutif Muda bahkan Pengangguran yang Sukses dengan menggunakan cara ini, menjadi Perantara/Makelar. Sistemnya Bagaimana?. Untuk menjadi Perantara/Makelar tidak ada sistem apapun, karena itu disebut dengan Jasa/Profesi yang Professional. Disini Anda akan bertindak sebagai perantara/penengah antara Produsen (Pemilik Barang) dengan Konsumen (Pembeli Barang) yang dimana Anda bertugas membantu Produsen untuk menjualkan barangnya kepada Konsumen dan mendapatkan Komisi Penjualan. Dilain sisi sistem ini biasanya disebut juga dengan Konsinyasi (Titip Jual). Dalam Internet Business, cara ini disebut Affiliate Marketing.

4. Berupa Downpayment/Pembayaran dimuka.
Pada dasarnya sebuah Usaha/Bisnis menganut sistem Kepercayaan dan merupakan MODAL TERBESAR yang tidak dapat dinilai dengan Harga. Jika orang lain sudah menaruh sebuah Kepercayaan kepada Anda, maka sudah mempermudah Anda untuk melakukan Bisnis dengan Modal Dengkul. Loh? Kok Bisa?. Karena Anda memiliki Modal yaitu Dipercaya oleh Orang lain.

Contoh/misalnya: Anda ingin mengekspor suatu barang, tapi tidak memiliki cukup Uang untuk memproduksi barang tersebut untuk di Ekspor. Maka Anda bisa mencoba untuk minta Downpayment maximal 40% yang dimana digunakan sebagai biaya Produksi.
Sebagian orang memandang atau memiliki image buruk mengenai Profesi Perantara/Makelar. Jadi kalau Anda ingin menjadi seorang Perantara/Makelar, jadilah yang Professional. Miliki Business Card akan menambah point plus buat Profesi Perantara/Makelar.

5. Berupa Jasa.
Jasa merupakan salah satu aset terbesar yang juga tidak dapat dinilai berdasarkan Materi semata. Pertama setiap orang memiliki Ide untuk menjalankan Bisnis dan kedua setiap orang pasti memiliki Keahlian atau bisa berupa Pengalaman disuatu Bidang yang mungkin orang lain belum tentu bisa menguasainya.

Dan Keahlian atau Pengalaman Anda bisa menjadikan suatu Peluang Usaha Jasa. Misalkan: Anda memiliki Keahlian/Hobby Design, dan Anda bisa membuka Usaha Jasa Design yang hanya bermodal Komputer. atau Anda memiliki Keahlian dalam Arsitektur, Anda bisa menggambar rancangan Rumah dan kemudian ditawarkan kepada pihak Developer. Ada banyak Jasa/Keahlian/Hobby yang bisa Anda jadikan suatu Peluang termasuk Pengalaman Hidup Anda. Kalau Pengalaman Hidup itu bagaimana bisa di Jual atau dijadika Usaha?. Misalkan: Anda memiliki Pengalaman Hidup dalam masalah Rumah Tangga dan terselesaikan dengan baik. Jika Anda cermat melihat lingkungan Anda, berapa banyak keluarga yang memiliki masalah dalam Rumah Tangga?. Anda bisa menjadi seorang Konsultan Rumah Tangga yang bermodal hanya dengan Business Card.


Mudah bukan untuk memiliki suatu Usaha atau menjalankan Usaha. Bukan seberapa Besar Modal yang Anda keluarkan, tetapi yang terpenting adalah Keberanian dan Kemauan Anda. Menjalankan Internet Business juga menggunakan Modal Dengkul. 🙂



Semoga Pengalaman dan Tips yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi Anda.



All The Best, Success in Life, Success in Everything you do and God Bless You.


Your Successfull Partner,

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/x9hm35
X