Bermain di dunia internet memang menyenangkan. Kenapa?. Karena kita bisa mengetahui hal apapun dan mendapatkan informasi apapun dari yang lama hingga terbaru. Apalagi dengan adanya Social Network yang mampu membuat betah untuk lebih lama lagi di dunia Internet.

Tapi tahukah Anda kalau di dunia Internet yang penuh pengetahuan, terdapat tindakan kejahatan yang harus di waspadai oleh semua orang pengguna internet.

Saya pernah mendapatkan keluhan tentang “Bagaimana cara mengantisipasi akun facebook agar tidak di hack oleh seseorang?” atau “Bagaimana cara mengembalikan akun facebook yang sudah di hack oleh seseorang?” atau mungkin Anda yang sedang membaca artikel ini, juga pernah mengalaminya?. 🙂

Well agar tidak terjadi hal yang sama seperti mereka, maka ada beberapa jenis kejahatan yang harus di waspadai oleh pengguna internet, yaitu:

CARDING

Yang dimana melakukan aktifitas belanja atau transaksi dengan menggunakan kartu kredit orang lain. Pelaku Carding disebut Carder. Kata lain dari Carding adalah CyberFraud atau sering dibilang penipuan dalam dunia maya.

HACKING

Yang dimana melakukan aktifitas menerobos program komputer milik seseorang ataupun pihak lain. Pelaku Hacking disebut Hacker. Biasanya mereka hanya ingin menunjukan kemampuan bahwa mereka mampu menerobos sebuah sistem ataupun membongkar password atau sebuah keamanan di internet. Karena itu hacker lebih iseng.

CRACKING

Kalau hacking dengan tujuan iseng sesaat sedangkan cracking memiliki tujuan tersendiri yang merugikan orang lain atau pihak lain.

DEFACING

Yang dimana kegiatan mengubah halaman sebuah situs seseorang ataupun pihak lain dan biasanya tidak jauh berbeda dengan hacker.

PHISING

Yang dimana kegiatan memancing pengguna internet agar mau memberikan informasi data diri pengguna internet seperti username dan password melalui sebuah situs yang sudah dibuat secara palsu (fake) akan tetapi seakan-akan terlihat asli.

SPAMMING

Yang dimana aktifitas pengiriman berita atau iklan yang biasanya melalui sebuah email secara random. Biasanya spam berisi tentang “Menang Lotere”, “Bantuan pencairan dana” dan lainnya yang tidak masuk akal.

MALWARE

Yang dimana sebuah program komputer yang mencari kelemahan dari suatu software. Pada umumnya malware digunakan untuk membobol ataupun merusak suatu sofware atau operating sistem. Dan malware sendiri berbagai macam jenisnya seperti virus, worm, trojan, horse, adware, dan lainnya. Karena itu setiap komputer harus memiliki antivirus yang terupdate untuk mengantisipasinya.

Dengan jenis kejahatan yang sudah saya sebutkan, saya berharap Anda pengguna internet dapat waspada serta tidak sembarangan klik sebuah link.

Apalagi sekarang lagi musim spam melalui Social Network seperti Direct Message Twitter ataupun melalui Chat Facebook.

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/LonUkZ
X