Web Mobile Friendly dan Web Mobile Responsive, manakah yang lebih baik untuk website bisnis Anda?.

Sejak Algoritma GMF (Google Mobile Friendly) diliris pada tanggal 21 April 2015, banyak website yang mengalami penurunan ranking di mesin pencari Google dan bahkan tidak sedikit netizen (pengguna internet) yang menggunakan hashtag #MOBILEGEDDON di media sosial facebook dan twitter sebagai bentuk protes terhadap Google.

Kemarin saya membuat artikel tentang Cara Mengatasi Algoritma GMF (Google Mobile Friendly) yang didalamnya saya berikan 2 (dua) cara untuk mengatasi Google Mobile Friendly. Nah untuk memperjelas, dalam artikel ini saya berikan perbedaan antara Web Mobile Friendly dengan Web Mobile Responsive yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan ketika ingin membuat website atau mengembangkan website yang sudah ada untuk kemajuan bisnis Anda.

Web Mobile Friendly

Situs yang mobile friendly biasanya adalah situs yang terpisah dari induk situsnya baik domain dan tampilan website-nya.

Biasanya situs yang didukung mobile friendly memiliki domain berawalan “m” di domain, sehingga kalau di-akses melalui mobile akan redirect (dialihkan) ke m.namadomain.com.

Situs yang mobile friendly memiliki sejumlah halaman dan fitur yang menurut saya kurang canggih karena tujuannya untuk memudahkan serta mempercepat pengunjung untuk membuka situs.

Intinya web mobile friendly memiliki kesan kaku dan dibuat terpisah dengan induk website dan biasanya hanya terdiri dari beberapa halaman atau pengambilan berupa RSS situs berbasis blog.

Web Mobile Responsive

Situs yang mobile responsive adalah situs yang dirancang atau di desain khusus untuk dapat di-akses dan digunakan pada semua perangkat seperti dekstop, tablet dan smartphone.

Sebuah situs yang mobile responsive mampu menanggapi kondisi ukuran layar dan mampu menyesuaikan konten sesuai ukuran perangkat. Sehingga website Anda yang dibuka melalui tablet dan smartphone, memiliki tampilan yang sama seperti website pada desktop tetapi ukurannya sesuai dengan ukuran perangkat.

Berbicara tentang website, pasti tidak akan terpisahkan dengan topik Search Engine Optimization. Betul?. Dengan begitu akan muncul pertanyaan, untuk optimasi mesin pencari, manakah yang lebih baik?. Website Mobile Friendly atau Website Mobile Responsive?.

Jawabannya adalah website yang mendukung mobile responsive akan selalu lebih baik dalam segi Search Engine Optimization.

Sekarang Anda sudah mengenal perbedaan antara Web Mobile Friendly dan Web Mobile Responsive. Kebutuhan website untuk bisnis Anda, sekarang bisa Anda tentukan baiknya untuk 5 (lima) tahun kedepan website Anda.

Semoga artikel saya memberikan manfaat bagi perkembangan bisnis Anda dan salam PROFIT!. 🙂

-- Bagikan dengan shortlink: https://is.gd/Dg2dyQ
X